Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geopolitik Indonesia dan Wawasan Nusantara

Kompas.com - 04/04/2022, 16:30 WIB
Vera Oktaviani,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Geopolitik berasal dari bahasa Yunani politeia yang artinya kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri. 

Sementara dalam bahasa Inggris, politics merupakan rangkaian asas, keadaan, cara, dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. 

Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi (2007) oleh Kaelan, geopolitik diartikan sebagai sistem politik atau peraturan-peraturan dalam wujud kebijaksanaan dan strategi nasional.

Geopolitik di dorong oleh aspirasi nasional geografik suatu negara, yang apabila dilaksanakan dan berhasil akan berdampak langsung atau tidak langsung kepada sistem politik suatu negara. 

Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu sesuai kehendak. 

Indonesia memiliki unsur kekuatan dan kelemahan. Kekuatan negara Indonesia adalah posisi dan keadaan geografi yang strategis serta kekayaan sumber daya alam.

Sedangkan, kelemahan negara Indonesia adalah wujud kepulauan dan keanekaragaman masyarakat yang harus disatukan dalam satu bangsa dan satu tanah air. 

Baca juga: Wawasan Nusantara: Kedudukan, Fungsi, dan Tujuan

Teori geopolitik 

Beberapa teori geopolitik menurut para ahli, yaitu: 

  • Menurut Rudolf Kjellen 

Geopolitik adalah seni dan praktek penggunaan kekuasaan poliyik atas suatu wilayah tertentu. Secara tradisi, istilah tersebut diterapkan terutama terhadap dampak geografi pada politik. 

  • Menurut Hagget 

Geografi politik menhadi cabang geografi, diartikan sebagai aspek keruangan pemerintahan atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional. 

  • Menurut Frederich Ratzel 

Negara identik dengan ruang yang ditempati oleh masyarakat. Makin luas ruang idup maka negara akan semakin bertahan, kuat, dna maju. 

Wawasan Nusantara

Wawasan berasal dari kata 'wawas' yang artinya pandangan, tinjauan, atau pengelihatan. Wawasan memiliki akar kata 'mawas' memiliki arti memandnag, meninjau, atau melihat. Sedangkan, wawasan dapat diartikan cara pandang, cara tinjau, dan cara melihat. 

Nusantara biasanya dipakai untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang letaknya di antara Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia serta di antara benua Asia dan Australia. 

Dikutip dari buku Wawasan Nusantara (2020) oleh Sri Widayarti, wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa tentang diri dan lingkungannya yang dijabarkan dari dasar falfasah dan sejarah bangsa sesuai dengan posisi serta kondisi geografi negara untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasional. 

Peran wawasan nusantara yaitu membimbing bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan kehidupannya serta sebagai rambu-rambu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com