Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Soal Kombinasi Bisnis Akuntansi Keuangan Lanjutan 1

Kompas.com - 23/03/2022, 13:30 WIB
Vera Oktaviani,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam buku Akuntansi Keuangan Lanjutan I  (2017) oleh Dwi Martani, kombinasi bisnis adalah salah satu cara dalam melakukan pengembangan usaha sehingga menjadi lebih besar.

Tujuan dari mengembangkan usaha menjadi lebih besar tentunya agar harapannya semakin besar profit yang didapatkan.

Di dalam kombinasi bisnis, kita akan belajar mengenai cara menghitung goodwill, akuisisi, dan nilai investasi sebuah perusahaan. Berikut penjelasannya: 

  • Goodwill

Goodwill adalah aset yang masuk ke dalam kategori aset tak berwujud. Goodwill akan terjadi apabila harga perolehan dari entitas yang diakuisisi lebih tinggi dibandingkan nilai wajar entitas yang diakuisisi. 

Cara menghitung nilai goodwill sebagai berikut: 

Goodwill = (Imbalan yang dialihkan + kepentingan ekuitas yang sebelum dimiliki pihak pengakuisisi + kepentingan nonpengendali pihak diakuisisi) - aset teridentifikasi yang diperoleh dan liabilitas yang diambil alih. 

Baca juga: Kombinasi Bisnis Akuntansi Keuangan Lanjutan

  • Akuisisi dan nilai investasi perusahaan

Dalam buku Hukum Akuisisi (2020) oleh Budi Untung, akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau aset suatu perusahaan oleh perusahaan lain.

Akuisisi juga bisa dikatakan peleburan suatu perusahaan menjadi perusahaan baru karena bergabung atau dijual kepada perusahaan lain.

Dengan bergabungnya dua atau lebih perusahaan atau hanya pengambilan kepemilikan aset, perusahaan baru memiliki harapan memiliki keuntungan yang lebih besar.

Profit yang besar mampu meningkatkan nilai investasi sebuah perusahaan. Perusahaan akan dikenal sebagai perusahaan yang memiliki kinerja bagus oleh perusahaan lain, hal ini disebut sebagai nilai investasi perusahaan. Hal tersebut membuat perusahaan memiliki umur yang panjang ke depannya. 

Baca juga: Karateristik Akuntansi Manajemen

Contoh soal 

Contoh soal dan penyelesaian mengenai akuntansi keuangan lanjutan sebagai berikut:

Soal 1

PT Melati pada 1 Juli 2015 mengakuisisi aset bersih PT Lawu dengan harga akuisisi Rp 25.000.000.000.

Dalam akuisisi tersebut PT Melati membayar tunai kepada pemegang saham PT Lawu sebesar Rp 200.000.000 dan sisanya dengan penerbitan saham sebanyak 1.000.000 lembar dengan nilai nominal 1000.

Saham PT Melati tidak diperjualbelikan di pasar modal sehingga tidak memiliki nilai wajar. Nilai wajar aset bersih PT Lawu adalah Rp 20.000.000.000.

PT Melati mengeluarkan biaya konsultan sebesar Rp 2.000.000.000 dan biaya registrasi saham sebanyak Rp 5.000.000.000. Hitunglah goodwill dari akuisisi tersebut!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com