Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karateristik Akuntansi Manajemen

Kompas.com - 10/11/2021, 10:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Akutansi manajemen adalah kegiatan akutansi yang menghasilkan informasi keuangan untuk mengelola (merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengendalikan) sumber daya yang dimiliki.

Karakteristik akuntansi manajemen berdasarkan sudut pandangnya dibagi menjadi dua, yaitu tipe akuntansi dan tipe informasi.

Akuntansi manajemen sebagai tipe akuntansi

Erlina dalam jurnal Karakteristik Akuntansi Manajemen (2005) menyebutkan bahwa akuntansi manajemen sebagai tipe akuntansi mengolah informasi keuangan untuk memenuhi kebutuhan manajemen (internal perusahaan) dalam melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.

Dapat disimpulkan bahwa akuntansi manajemen sebagai tipe akuntansi, melihat akuntansi manajemen sebagai suatu sistem pengolahan informasi keuangan.

Sistem tersebut mengolah informasi untuk merencanakan strategi, mengkoordinasi, mengawasi, dan juga mengevaluasi penggunaan sumber daya perusahaan.

Baca juga: Persamaan Dasar Akuntansi: Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi, dan Rumusnya

Akuntansi manajemen sebagai tipe informasi

Menurut Ardiani Ika dalam buku Akuntansi Manajemen (2010) menyebutkan bahwa akuntansi manajemen sebagai tipe informasi adalah tipe informasi kuantitatif yang menggunakan uang sebagai satuan ukuran untuk memabantu manajemen dalam mengelola perusahaan.

Dapat disimpulkan bahwa akuntansi manajemen sebagai tipe informasi melihat, akuntansi manajemen sebagai kumpulan informasi (baik data, fakta, ataupun suatu persepsi) sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan untuk mengurangi resiko dan ketidakpastian.

Chenhall dan Moriss dalam buku The Impact of Structure, Environment, and. Interdepedence on The Perceived Usefulness of Management Accounting (1986), karakteristik informasi sistem akuntansi manajemen adalah scope (ruang lingkup), timelines (ketepatan waktu), aggregation (agregasi), dan integration (integrasi).

Berikut penjelasannya: 

Scope atau ruang lingkup

Scope atau ruang lingkup merupakan cakupan informasi baik secara ekonomi maupun non ekonomi dan prakiraan kemungkinan yang akan terjadi.

Cakupan informasi akuntansi manajemen haruslah luas agar memberikan informasi yang cukup bagi pihak manajemen yang mengelola perusahaan.

Baca juga: Akuntansi Akrual: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Timelines atau ketepatan waktu

Timelines atau ketepatan waktu merupakan karakteristik manajemen informasi yang artinya suatu informasi harus diambil secara cepat.

Timelines mengacu pada seberapa sering informasi dilaporkan dan seberapa cepat informasi tersebut diterima untuk menghasilkan respon yang juga tepat dari perusahaan (terutama ketika terjadi masalah).

Agregasi

Agregasi yakni penyediaan informasi yang terdiri dari kumpulan berbagai informasi detail dan menyeluruh dari perusahaan. Kumpulan informasi tersebut kemudian digunakan untuk pengambilan kebijakan formal.

Integrasi

Adapun integrasi adalah informasi tentang kompleksitas antar unit-unit atau sub-sub perusahaan. Integrasi membantu koordinasi antar unit-unit tersebut untuk menghasilkan interaksi yang efisien demi mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga: Definisi Akuntansi Manajemen dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com