Kompas.com - 22/11/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi perdagangan rusia dan indonesia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi perdagangan rusia dan indonesia

KOMPAS.com - Indonesia dan Rusia menjalin kerja sama di berbagai bidang. Salah satunya perdagangan. Rusia menjual beberapa produk ke Indonesia, dan sebaliknya Indonesia juga menjual beberapa produk ke Rusia.

Annisa Rahayu Putri dalam jurnal Motivasi Rusia Menerapkan Kebijakan Customs Union terhadap Ekspor Ikan dari Indonesia Tahun 2013 (2016) menuliskan bahwa kerja sama perdagangan antara Rusia dan Indonesia telah terjalin sejak masa kepemimpinan Soekarno.

Saat itu, Indonesia menjual bahan mentah sebagai komoditas perdagangannya. Sedangkan Rusia menjual peralatan militer ke Indonesia.

Menurut Tomi Lebang dalam buku Sahabat Lama, Era Baru: 60 Tahun Pasang Surut Hubungan Indonesia-Rusia (2010), kerja sama Rusia dan Indonesia, khususnya di bidang perdagangan, telah direalisasikan dengan baik.

Bahkan hingga saat ini, kedua negara tersebut masih menjalin kerja sama baik dalam bidang perdagangan.

Baca juga: Kebijakan Perdagangan Internasional Bidang Ekspor dan Impor

Penyebab meningkatkan perdagangan Rusia dan Indonesia

Apakah penyebab meningkatnya realisasi perdagangan antara Rusia dan Indonesia? Penyebab meningkatnya realisasi perdagangan antara Rusia dan Indonesia adalah Rusia sangat berpotensi menjadi tempat pemasaran dan penjualan produk Indonesia.

Sementara itu, bagi Rusia, Indonesia memiliki perkembangan ekonomi yang bagus, dan merupakan salah satu negara besar di Asia.

Melansir dari situs Kementerian Luar Negeri, beberapa produk Indonesia yang dijual dan dipasarkan di Rusia adalah mie instan, kopi, bir, hingga buah-buahan. Produk ini sering dijual di pasar atau toko, maupun juga sering dipromosikan dalam berbagai acara.

Bagi Indonesia, Rusia merupakan negara besar dengan jumlah penduduk banyak. Sehingga sangat menguntungkan Indonesia, khususnya dalam menjual dan memasarkan produk lokal. Begitu pula dengan sejumlah produk Rusia yang dijual dan dipasarkan di Indonesia.

Dengan demikian, realisasi perdagangan antara Rusia dan Indonesia menguntungkan kedua negara. Karena bisa membantu meningkatkan pendapatan masing-masing negara.

Baca juga: Neraca Perdagangan: Definisi, Jenis dan Contohnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.