Kompas.com - 14/06/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi neraca perdagangan freepik.com/sunshy_Ilustrasi neraca perdagangan

KOMPAS.comNeraca perdagangan menjadi salah satu komponen penting dalam neraca pembayaran. Neraca perdagangan sering digunakan sebagai indikator transaksi internasional.

Dalam bidang ekonomi, neraca perdagangan berkaitan pula dengan transaksi ekspor dan impor di sebuah negara. Indikator terpenting dalam neraca perdagangan adalah nilai ekspor dan impornya.

Definisi neraca perdagangan

Dilansir dari situs Otoritas Jasa Keuangan, neraca perdagangan adalah ikhtisar yang menunjukkan selisih nilai transaksi eskpor dan impor di suatu negara dalam jangka waktu tertentu.

Neraca perdagangan juga dapat diartikan sebagai daftar yang berisi tentang perbandingan nilai ekspor dan impor suatu negara dalam satu tahun. 

Baca juga: Neraca Pembayaran Internasional: Konsep dan Fungsinya

Neraca perdagangan dalam Bahasa Inggris sering disebut BoT atau Balance of Trade. Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, balance of trade atau neraca perdagangan merupakan perbedaan nilai ekspor dan impor suatu negara dalam jangka waktu tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya neraca perdagangan dinyatakan dalam mata uang negara tertentu atau sesuai serikat ekonominya. Contoh Dolar untuk Amerika Serikat, Pound Sterling untuk Inggris, serta Euro untuk Uni Eropa.

Jenis neraca perdagangan

Neraca perdagangan dibagi menjadi tiga jenis. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Investopedia.com:

  • Neraca perdagangan surplus

Adalah suatu kondisi dimana ketika nilai transaksi ekspor jauh lebih besar dari nilai impor. Apabila kondisi neraca perdagangannya surplus, hal ini sangat menguntungkan negara.

Karena nilai pendapatannya bisa jauh lebih besar. Agar neraca perdagangannya bisa selalu surplus, negara harus sebisa mungkin menjaga nilai ekspor dan impornya.

Baca juga: Barang Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

  • Neraca perdagangan defisit

Adalah kebalikan dari neraca perdagangan surplus. Kondisi neraca pembayaran dikatakan defisit jika nilai transaksi impornya jauh lebih besar dibanding nilai ekspornya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X