Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Profesi yang Terlibat agar Meja dan Kursi sampai di Rumah?

Kompas.com - 21/10/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Agar meja dan kursi dapat sampai di rumah, ada beberapa profesi yang terlibat di dalamnya. Profesi tersebut berhubungan dengan proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.

Dikutip dari buku Petunjuk Praktis Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah (K/L/Pemda) (2020) karya Martinus Tukiran dan Nurul Amalia, secara garis besar, ada empat proses pembuatan meja dan kursi dari kayu, yakni:

  1. Penebangan pohon.
  2. Pengukuran dan pemotongan kayu.
  3. Perakitan meja dan kursi.
  4. Penjualan.

Profesi yang terlibat dalam membuat meja dan kursi

Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu? Dalam tiap proses pembuatan meja dan kursi, ada banyak profesi yang terlibat dan berperan penting, yaitu: 

  • Penebang kayu

Profesi ini sangatlah penting dalam pembuatan meja dan kursi. Karena penebang kayu bekerja untuk mencari, memilih, serta menebang pohon yang cocok untuk dijadikan meja dan kursi.

Baca juga: Jenis Barang yang Dihasilkan Pemerah Susu dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

  • Buruh angkut kayu

Adalah profesi yang bertugas untuk mengangkat serta memindahkan kayu yang sudah ditebang dari pohonnya ke tempat pembuatan mebel.

Sebelum diangkut, kayu yang telah ditebang harus dipilih terlebih dahulu. Karena tidak semua kayu cocok atau sesuai untuk dibuat menjadi meja dan kursi.

  • Pengrajin kayu

Menurut Yus Darusman dalam buku Model Pewarisan Budaya Melalui Pendidikan Informal (Pendidikan Tradisional) pada Masyarakat Pengrajin Kayu (2021), pengrajin kayu adalah pengrajin terampil yang membuat serta memperbaiki struktur kayu.

Pekerjaan utama seorang pengrajin kayu adalah membuat barang atau benda dari kayu, seperti meja dan kursi. Mereka tahu bagaimana caranya mengolah dan merakit kayu menjadi benda yang tepat guna.

  • Pedagang mebel

Adalah orang yang memperjualbelikan furnitur atau mebel (perabot untuk melengkapi kebutuhan rumah atau kantor), seperti meja dan kursi.

Bisa disimpulkan bahwa setidaknya ada empat profesi yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumah, yakni penebang kayu, buruh angkut kayu, pengrajin kayu, serta pedagang mebel.

Baca juga: Jenis Barang yang Dihasilkan Petambang dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com