Kompas.com - 21/10/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi membuat meja dari kayu freepik.com/rawpixel.comIlustrasi membuat meja dari kayu

KOMPAS.com - Agar meja dan kursi dapat sampai di rumah, ada beberapa profesi yang terlibat di dalamnya. Profesi tersebut berhubungan dengan proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.

Dikutip dari buku Petunjuk Praktis Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah (K/L/Pemda) (2020) karya Martinus Tukiran dan Nurul Amalia, secara garis besar, ada empat proses pembuatan meja dan kursi dari kayu, yakni:

  1. Penebangan pohon.
  2. Pengukuran dan pemotongan kayu.
  3. Perakitan meja dan kursi.
  4. Penjualan.

Profesi yang terlibat dalam membuat meja dan kursi

Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu? Dalam tiap proses pembuatan meja dan kursi, ada banyak profesi yang terlibat dan berperan penting, yaitu: 

  • Penebang kayu

Profesi ini sangatlah penting dalam pembuatan meja dan kursi. Karena penebang kayu bekerja untuk mencari, memilih, serta menebang pohon yang cocok untuk dijadikan meja dan kursi.

Baca juga: Jenis Barang yang Dihasilkan Pemerah Susu dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

  • Buruh angkut kayu

Adalah profesi yang bertugas untuk mengangkat serta memindahkan kayu yang sudah ditebang dari pohonnya ke tempat pembuatan mebel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum diangkut, kayu yang telah ditebang harus dipilih terlebih dahulu. Karena tidak semua kayu cocok atau sesuai untuk dibuat menjadi meja dan kursi.

  • Pengrajin kayu

Menurut Yus Darusman dalam buku Model Pewarisan Budaya Melalui Pendidikan Informal (Pendidikan Tradisional) pada Masyarakat Pengrajin Kayu (2021), pengrajin kayu adalah pengrajin terampil yang membuat serta memperbaiki struktur kayu.

Pekerjaan utama seorang pengrajin kayu adalah membuat barang atau benda dari kayu, seperti meja dan kursi. Mereka tahu bagaimana caranya mengolah dan merakit kayu menjadi benda yang tepat guna.

  • Pedagang mebel

Adalah orang yang memperjualbelikan furnitur atau mebel (perabot untuk melengkapi kebutuhan rumah atau kantor), seperti meja dan kursi.

Bisa disimpulkan bahwa setidaknya ada empat profesi yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumah, yakni penebang kayu, buruh angkut kayu, pengrajin kayu, serta pedagang mebel.

Baca juga: Jenis Barang yang Dihasilkan Petambang dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.