Kompas.com - 21/10/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi membuat meja dan kursi dari kayu pinterest.com/Lowe's Ilustrasi membuat meja dan kursi dari kayu

KOMPAS.com - Proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi diawali dengan aktivitas menebang pohon di hutan. Setelah itu, kayu akan diolah dengan baik sampai akhirnya menjadi meja dan kursi yang digunakan tiap hari.

Menurut Ermaini dan kawan-kawan, dalam buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (2021), proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi melewati beberapa tahap. Contohnya tahap perakitan kayu menjadi meja dan kursi, serta proses pengecatan.

Tahukah kamu bagaimana proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi?

Proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi

Dikutip dari buku Petunjuk Praktis Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah (K/L/Pemda) (2020) oleh Martinus Tukiran dan Nurul Amalia, berikut proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi:

  • Penebangan pohon

Sebelum membuat meja dan kursi, kayu harus didapat dari pohon yang telah ditebang. Biasanya kayu yang digunakan adalah kayu jati, pinus, dan mahoni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jenis Barang yang Dihasilkan Petani dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

Tiap kayu memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Sehingga penebang kayu haruslah mengetahui jenis kayu yang sesuai.

Agar kelestarian pohon tetap terjaga, disarankan untuk melakukan tebang pilih, yakni menebang pohon yang usianya sudah tua. Penebangan pohon ini sebaiknya dibarengi dengan penanaman kembali atau reboisasi.

  • Mengukur dan memotong kayu

Proses selanjutnya adalah mengukur dan memotong kayu. Ukuran kayu disesuaikan dengan ukuran meja dan kursi yang akan dibuat.

Apabila ukurannya sudah tepat, kayu dipotong memakai gergaji mesin. Sesudah dipotong, bagian kayu tersebut akan diamplas supaya halus.

  • Merakit meja dan kursi

Setelah kayu diukur dan dipotong, dimulailah aktivitas perakitan meja dan kursi. Peralatan yang dibutuhkan diantaranya paku, pasak kayu, serta lem. Kayu dirakit menjadi meja dan kursi sesuai kreativitas pembuatnya. Setelah dirakit, meja dan kursi akan dicat dan diberi ukiran.

  • Penjualan

Apabila meja dan kursi sudah jadi, proses terakhir adalah penjualan. Meja dan kursi akan dikirim ke toko mebel atau dijual langsung oleh pembuatnya.

Baca juga: Jenis Barang yang Dihasilkan Tukang Kayu dan Sumber Daya Alam yang Digunakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.