Kompas.com - 19/10/2021, 10:00 WIB
Sea Games Hanoi 2021 wikipedia.org/Vietnam Sports Administration / As verified from Voice of VietnamSea Games Hanoi 2021

KOMPAS.comSEA Games merupakan singkatan dari Southeast Asian Games. Dilansir dari oxfordreference.com, SEA Games adalah festival multi-olahraga untuk kawasan Asia Tenggara yang dihelat setiap dua tahun sekali.

Sejarah SEA Games

SEA Games pada awalnya bernama South East Asian Peninsular Games (SEAP Games) yang diprakarsai oleh Wakil Presiden Thailand yaitu Laung Sukhumnaipradit.

SEAP Games pertama kemudian dihelat pada 1959 dengan peserta dari enam negara, yaitu Thailand, Myanmar, Kamboja, Laos, Republik Vietnam, dan Malaysia.

Kemudian pada tahun 1977, Indonesia dan Filipina masuk ke dalam Federasi SEAP. Federasi pun  mengubah namanya menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF) dan mengubah nama SEAP Games menjadi SEA Games (Southeast Asia Games).

Mengutip dari International Floorball Federation, SEA Games berada di bawah regulasi Southeast Asian Games Federation yang dengan pengawasan International Olympic Committee and the Olympic Council of Asia. SEA Games yang pertama dihelat di Kota Vientiane, Laos pada tahun 2009.

Kini SEA Games diikuti oleh 11 negara di kawasan Asia Tenggara yaitu Republik Indonesia, Brunei Darussalam, Kerajaan kamboja, Republik Demokratik Laos, Malaysia, Uni Myanmar, Republik Filipina, Republik Singapura, Kerajaan Thailand, dan Republik Sosialis Vietnam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pesta olahraga SEA Games bertujuan untuk mempererat kerja sama dan inetegrasi masyarakat kawasan Asia Tenggara untuk membangun masyarakat ASEAN yang kuat.

Baca juga: Olahraga Bela Diri: Pengertian, Teknik Dasar, Jenis, dan Fungsinya

Cabang olahraga SEA Games

Cabang olahraga SEA Games dapat diatur oleh tuan rumah SEA Games sesuai dengan South East Asia Games Federation Charter and Rules. SEA Games minimal terdiri dari 22 olahraga dengan tiga kategori sebagai berikut:

  • Kategori I: Olahraga wajib

Atletik dan berenang (termasuk menyelam dan polo air)

  • Kategori II: Olahraga dalam Olympic Games dan Asian Games (minimal 14 olahraga)

Panahan, bulutangkis, bisbol, bola basket, biliar, bowling, tinju, kano, bersepeda, berkuda, anggar, sepak bola, golf, senam, bola tangan, hoki, judo, karate, pentathlon, dayung, rugby, berlayar, sepak takraw, softball, tenis, menembak, squash, tenis meja, taekwondo, tenis, soft tenis, triathlon, bola volu, angkat besi, dan gulat.

  • Kategori II: Olahraga lain (maksimal 8 olahraga)

Arnis, binaraga, catur, olahraga tari, fin swimming, lawn bowls, kempo, muay, netball, pencak silat, kok, lomba perahu tradisional, ski air, dan vovinam.

Selebihnya, pesta olahraga SEA Games dilaksanakan sesuai dengan South East Asia Games Federation Charter and Rules yang disusun oleh Council of the SEA Games Federation di Bali, Indonesia pada 29 Apsil 1978.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Olahraga Lompat Kangkang

SEA Games dapat diikuti oleh warga negara Asia Tenggara tanpa adanya batasan usia, asalkan partisipan tersebut memenuhi persyaratan tertentu dari Komite Eksekutif SEA Games.

Dalam SEA Games, ada tiga jenis upacara wajib yaitu upacara pembukaan, upacara kemenangan, dan upacara penutupan SEA Games.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.