Kompas.com - 21/09/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi dampak datang terlambat KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi dampak datang terlambat

KOMPAS.com – Tidak dapat dimungkiri jika seseorang mengalami keterlambatan karena sesuatu hal yang mendesak. Namun, juga ada beberapa orang yang memberikan alasan terlambat yang tidak masuk akal hanya untuk menutupi kemalasannya. 

Tahukah kamu bahwa datang terlambat memberikan dampak pada diri sendiri dan orang lain? Dilansir dari The Time, dalam sebuah penelitian di San Francisco State University menunjukkan bahwa sekitar 17 persen dalam suatu kelompok, sering terlambat.

Hal tersebut menunjukkan selalu adanya orang terlambat dalam suatukelompok. Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?

Dampak dampak terlambat bagi diri sendiri

Berikut dampak yang terjadi jika kamu datang terlambat, yaitu:

  • Tidak mengikuti pelajaran

Dampak pertama yang dirasakan karena terlambat adalah tidak mengikuti pelajaran. Ketika datang terlambat, materi pembelajaran telah dimulai sehingga orang yang terlambat tidak mengikuti pelajaran tersebut.

Dilansir dari Carnegie Mellon University, pada awal pelajaran guru membuat koneksi ke materi yang membingkai pelajaran ke dalam suatu poin kunci. Dengan datang terlambat, siswa tidak mendapatkan poin kunci tersebut yang akan mengakibatkan kesulitan memahami pelajaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatur Waktu?

  • Mendapat hukuman

Datang terlambat artinya melanggar peratuan sekolah. Ketika tata tertib menyebutkan kelas dimulai pada pukul tujuh, sementara kita datang pada pukul setengah delapan, berarti kita terlambat. Keterlambatan dapat membuat seseorang menerima hukuman berdasarkan tata tertib yang berlaku.

  • Tingkat kedisiplinan menurun

Datang terlambat menurunkan tingkat kedisiplinan seseorang. Dengan datang terlambat, seseorang cenderung tidak disiplin terhadap waktu dan jadwal yang telah dibuat sebelumnya.

Hal tersebut tidak hanya menurunkan kedisiplinan, melainkan juga menurunkan rasa tanggung jawab baik terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Jika datang terlambat terus-menerus dibiarkan, selain menurunkan kedisiplinan juga akan mengembangkan rasa malas.

Orang yang biasa datang terlambat cenderung menunda-nunda pekerjaan dan tidak menghormati waktu orang lain.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Dampak terlambat bagi orang lain

Sikap terlambat tidak hanya memberikan dampak kerugian bagi diri sendiri, tetapi orang lain. Beberapa dampak terlambat bagi orang lain adalah:

  • Mengganggu konsentrasi teman sekelas

Datang terlambat mengganggu peserta didik lain. Ketika masuk ke dalam kelas dengan terlambat, kegiatan belajar mengajar akan terhenti.

Guru akan berhenti menjelaskan, karena ada yang datang terlambat. Hal tersebut akan mengganggu konsentrasi teman sekelas, membuat kegiatan belajar mengajar akan terhambat.

  • Pandangan negarif dari guru dan siswa lain

Dilansir dari Swan Christian College, ketika seorang anak berulang kali terlambat, mereka menjadi banyak membuang waktu belajar dan mengembangkan interaksi teman sebaya yang negatif karena mengganggu konsentrasi belajar.

Siswa yang tidak terlambat akan merasa kesal kepada siswa yang sering terlambat. Tidak hanya siswa lain, guru juga akan merasa kesal dan tidak dihormati jika siswa terus-menerus terlambat.

Hal tersebut akan membuat siswa yang terlambat tidak nyaman di kelas dan sulit berkonsentrasi pada pelajaran.

Baca juga: Contoh Rencana Supaya Tidak Datang Terlambat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.