Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak jika Datang Terlambat bagi Kamu dan Orang Lain

Kompas.com - 21/09/2021, 13:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tidak dapat dimungkiri jika seseorang mengalami keterlambatan karena sesuatu hal yang mendesak. Namun, juga ada beberapa orang yang memberikan alasan terlambat yang tidak masuk akal hanya untuk menutupi kemalasannya. 

Tahukah kamu bahwa datang terlambat memberikan dampak pada diri sendiri dan orang lain? Dilansir dari The Time, dalam sebuah penelitian di San Francisco State University menunjukkan bahwa sekitar 17 persen dalam suatu kelompok, sering terlambat.

Hal tersebut menunjukkan selalu adanya orang terlambat dalam suatukelompok. Ketika kamu terlambat, adakah dampaknya bagi kamu?

Dampak dampak terlambat bagi diri sendiri

Berikut dampak yang terjadi jika kamu datang terlambat, yaitu:

  • Tidak mengikuti pelajaran

Dampak pertama yang dirasakan karena terlambat adalah tidak mengikuti pelajaran. Ketika datang terlambat, materi pembelajaran telah dimulai sehingga orang yang terlambat tidak mengikuti pelajaran tersebut.

Dilansir dari Carnegie Mellon University, pada awal pelajaran guru membuat koneksi ke materi yang membingkai pelajaran ke dalam suatu poin kunci. Dengan datang terlambat, siswa tidak mendapatkan poin kunci tersebut yang akan mengakibatkan kesulitan memahami pelajaran.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatur Waktu?

  • Mendapat hukuman

Datang terlambat artinya melanggar peratuan sekolah. Ketika tata tertib menyebutkan kelas dimulai pada pukul tujuh, sementara kita datang pada pukul setengah delapan, berarti kita terlambat. Keterlambatan dapat membuat seseorang menerima hukuman berdasarkan tata tertib yang berlaku.

  • Tingkat kedisiplinan menurun

Datang terlambat menurunkan tingkat kedisiplinan seseorang. Dengan datang terlambat, seseorang cenderung tidak disiplin terhadap waktu dan jadwal yang telah dibuat sebelumnya.

Hal tersebut tidak hanya menurunkan kedisiplinan, melainkan juga menurunkan rasa tanggung jawab baik terhadap diri sendiri dan juga orang lain.

Jika datang terlambat terus-menerus dibiarkan, selain menurunkan kedisiplinan juga akan mengembangkan rasa malas.

Orang yang biasa datang terlambat cenderung menunda-nunda pekerjaan dan tidak menghormati waktu orang lain.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Dampak terlambat bagi orang lain

Sikap terlambat tidak hanya memberikan dampak kerugian bagi diri sendiri, tetapi orang lain. Beberapa dampak terlambat bagi orang lain adalah:

  • Mengganggu konsentrasi teman sekelas

Datang terlambat mengganggu peserta didik lain. Ketika masuk ke dalam kelas dengan terlambat, kegiatan belajar mengajar akan terhenti.

Guru akan berhenti menjelaskan, karena ada yang datang terlambat. Hal tersebut akan mengganggu konsentrasi teman sekelas, membuat kegiatan belajar mengajar akan terhambat.

  • Pandangan negarif dari guru dan siswa lain

Dilansir dari Swan Christian College, ketika seorang anak berulang kali terlambat, mereka menjadi banyak membuang waktu belajar dan mengembangkan interaksi teman sebaya yang negatif karena mengganggu konsentrasi belajar.

Siswa yang tidak terlambat akan merasa kesal kepada siswa yang sering terlambat. Tidak hanya siswa lain, guru juga akan merasa kesal dan tidak dihormati jika siswa terus-menerus terlambat.

Hal tersebut akan membuat siswa yang terlambat tidak nyaman di kelas dan sulit berkonsentrasi pada pelajaran.

Baca juga: Contoh Rencana Supaya Tidak Datang Terlambat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com