Kompas.com - 21/09/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi mendapat nilai jelek freepik.com/brgfxIlustrasi mendapat nilai jelek

KOMPAS.com – Seorang pelajar memiliki hak dan juga kewajiban yang harus ditunaikan untuk mencapai tujuan pendidikan.

Mematuhi tata tertib, menghormati guru, menjaga kebersihan sekolah, dan mengikuti pembelajaran dengan baik adalah contoh dari kewajiban sebagai pelajar.

Namun apa yang akan terjadi jika kita tidak melaksanakan kewajiban sebagai pelajar?

Dampak tidak melaksanakan kewajiban

Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 6 mengenai dampak jika tidak melaksanakan kewajiban di sekolah, yaitu:

  • Tidak adanya rasa tanggung jawab

Salam H. Burhanudin dalam buku berjudul Etika Individual (2000) menyebutkan bahwa tanggung jawab adalah kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan atau tugas yang diemban dan kesanggupan untuk memilkul risiko dari perbuatan yang dilakukan.

Pembentukan rasa tanggung jawab dilalukan dengan pendidikan dan pembiasaan dalam melaksanakan kewajiban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tidak melaksanakan kewajiban dan bersikap abai, akan membuat seorang pelajar menjadi tidak bertanggung jawab. Dan karakter tidak bertanggung jawab tersebut akan memberikan dampak buruk dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Dampak Sikap Bijaksana Terhadap Tumbuhan bagi Lingkungan

  • Pelajar tidak mau belajar

Menurut P. Hollingsworth dan G. Lewis dalam Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas (2008) menyebutkan bahwa tanggung jawab belajar adalah kesediaan seseorang untuk mengerjakan tugas belajar dengan sebaik-baiknya dalam segala konsekuensi yang menyertainya. Tanpa adanya tanggung jawab, seorang pelajar menjadi tidak mau dan malas belajar.

Hal tersebut membuat pelajar bermalas-malasan dalam mengerjakan tuga, tidak ikut serta dalam tugas kelompok, tidak mendengarkan guru yang sedang menerangkan, bahkan bolos sekolah. Hal tersebut kemudian membuat siswa menjadi tidak paham akan pelajaran.

  • Mendapatkan nilai buruk

Tidak melakukan kewajiban membuat pelajar tidak mengerti terhadap pelajaran yang diberikan di sekolah.

Hal tersebut tentu saja membuat siswa tidak bisa mengerjakan tugas ataupun ujian dengan baik sehingga bisa mendapatkan nilai buruk.

  • Dilanggarnya aturan sekolah

Tidak melaksanakan kewajiban berdampak pada aturan sekolah yang dilanggar. Aturan sekolah yang dilanggar dapat menyebabkan lingkungan sekolah menjadi tidak tertib, tidak nyaman untuk belajar, dan membuat siswa yang melanggar mendapatkan hukuman.

Baca juga: Dampak Menanam Tumbuhan bagi Lingkungan dan Orang Lain

  • Pelajar tidak mau mendengarkan perkataan guru

Tidak melaksanakan kewajiban, membuat pelajar tersebut tidak mau mendengarkan perkataan guru.

Pelajar menjadi tidak disiplin, tidak mendengarkan perkataan guru, dan juga tidak terbiasa menghormati guru. Hal tersebut juga dapat mengembangkan karakter buruk dan nilai moral yang rendah.

  • Banyak panggilan bimbingan konseling

Pelanggaran aturan sekolah dapat menyebabkan seorang siswa dipanggil oleh guru BK (bimbingan konseling). Pada pelanggaran yang sifatnya fatal, tidak jarang orang tua siswa yang melanggar juga dipanggil ke sekolah untuk turut serta dalam bimbingan konseling.

  • Tidak tercapainya tujuan pendidikan nasional

Tidak menjalankannya kewajiban sebagai pelajar, akan berpengaruh dalam tidak tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 disebutkan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Baca juga: Dampak Menebang Pohon Sembarangan bagi Lingkungan dan Orang Lain

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.