Kompas.com - 21/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi pentingnya mengatur waktu freepik.comIlustrasi pentingnya mengatur waktu

KOMPAS.com – Aktivitas manusia bermacam-macam setiap harinya, namun waktu dalam satu hari adalah absolut. Satu hari terdiri dari 24 jam, tidak peduli seberapa sibuknya seseorang.

Sehingga penting untuk mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Mengatur waktu disebut juga dengan management waktu. Dilansir dari Harvard Business Review, managemen waktu adalah proses pengambilan keputusan yang menyusun, melindungi, dan menyesuaikan waktu dengan perubahan kondisi lingkungan.

Contoh alasan pentingnya mengatur waktu

Berikut adalah contoh alasan pentingnya mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari:

  • Mengurangi stress

Dikutip dari The Stress Management Society, manajemen waktu membantu seseorang mengurangi stress jangka panjang dengan memberikan arahan ketika seseorang memiliki terlalu banyak pekerjaan.

Manajemen waktu yang buruk menyebabkan pekerjaan jadi menumpuk, menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan tidak selesainya suatu pekerjaan. Hal tersebut dapat menyebabkan stress jangka panjang maupun angka pendek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Lebih fokus

Mengatur waktu sangat penting ketika seseorang memiliki banyak tugas. Pengaturan waktu mengatur tugas mana dahulu yang harus dikerjakan, sehingga seseorang bisa lebih fokus terhadap satu pekerjaan dibanding mengerjakan semuanya dalam waktu yang sama.

Manajemen waktu yang buruk dapat mengakibatkan stress juga kecemasan. Berdasarkan situs dari Healthline, kecemasan meningkatkan risiko mata kering yang dapat menyebabkan pengelihatan kabur. Pengelihatan kabur, membuat seseirang tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatur Waktu?

  • Meningkatkan produktivitas

Pengaturan waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dalam tugas atau pekerjaan. Hal tersebut karena pengaturan waktu memberi daftar tugas yang harus dikerjakan beserta waktu pengerjaannya berdasarkan prioritas tugas yang harus dikerjakan.

  • Mengurangi sifat menunda-nunda pekerjaan

Jadwal yang jelas membuat seseorang terhindar dari menunda-nunda pekerjaan. Dibandingkan hanya bermain ponsel atau bermalas-malasan, mengatur waktu membuat seseorang lebih semangat untuk mengerjakan tugas.

Sehingga waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih banyak dan juga berkualitas.

  • Mengurangi penundaan

Mengatur waktu memberikan jadwal tugas apa saja yang harus selesai pada tenggat waktu sekian. Hal tersebut membuat seseorang cenderung mengerjakan tugas untuk memenuhi target dibanding menunda-nunda tugas tersebut.

Karena ia sadar, jika menunda pekerjaa, tugas tersebut tidak akan selesai dan akan memengaruhi keseluruhan jadwal yang telah dibuat.

Baca juga: Alasan Seorang Pelajar Wajib Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

  • Meningkatkan keterampilan kerja

Alasan terakhir pentingnya mengatur waktu adalah karena mengatur waktu dapat meningkatkan keterampilan kerja. Dilansir dari The Balance Small Business, manajemen waktu meningkatkan keterampilan dalam penetapan tujuan, perencanaan, penentuan prioritas, pengambilan keputusan, juga pembuatan jadwal.

Sehingga mengatur waktu juga meningkatkan rasa tanggung jawab dan kedisiplinan seseorang. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengatur waktu, seseorang juga menaikkan kualitas hidupnya dengan mengembangkan kebiasaan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.