Kompas.com - 05/08/2021, 16:12 WIB
Ilustrasi gejala reaksi kimia freepik.com/drobotdeanIlustrasi gejala reaksi kimia

KOMPAS.com – Dalam pelajaran kimia, dipelajari reaksi kimia. Namun ternyata reaksi kimia tidak hanya ada dalam buku pelajaran.

Reaksi kimia terjadi dalam kehidupan sehari-hari dari mulai perkaratan besi, pembuatan obat-obatan, pengisian aki mobil, hingga reaksi kimia dalam tubuh akibat aktivitas enzim.

Rekasi kimia adalah suatu proses di mana suatu zat atau reaktan diubah menjadi zat yang berbeda dan disebut dengan produk. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, reaksi kimia mengatur ulang konstituran atom reaktan sehingga membuat zat yang berbeda sebagai produk.

Secara sederhana reaksi kimia adalah perubahan reaktan menjadi produk, sehingga sering juga disebut dengan perubahan kimia.

Baca juga: Kandungan Kimia Jagung dan Manfaatnya

Disadur dari Chemistry LibreTexts, reaksi kimia biasanya dituliskan dalam suatu persamaan kimia yang mewakili perubahan reaktan menjadi produk. Persamaan kimia dibuat menjadi dua sisi, sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

A(s) + B(l) → C(aq) + D (g)

Sisi kiri mewakili zat yang bereperan sebagai reaktan atau zat awal sebelum reaksi kimia terjadi. Adapun sisi kanan mewakili produk atau zat hasil reaksi kimia.

Huruf dalam kurung mewakili fasa (bentuk zat) setiap zat. (s) berarti zat dalam bentuk solid atau padat, (aq) berarti zat dalam bentuk aqueous atau larutan, (l) berarti zat dalam bentuk liquid atau larutan, dan (g) berarti zat berada dalam bentuk gas.

Tanda-tanda reaksi kimia

Berikut gejala atau tanda-tanda yang menyertai reaksi kimia, yaitu:

  • Perubahan warna

Reaksi kimia dapat menimbulkan perubahan warna yang terlihat pada produknya. Misalnya reaksi redoks besi (perkaratan besi) membuat besi yang berwarna silver mengkilat menjadi merah kecoklatan.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.