Kompas.com - 16/07/2021, 13:30 WIB
Kandungan kimia dan manfaat pada jagung freepik.com/jcompKandungan kimia dan manfaat pada jagung

KOMPAS.com – Jagung adalah tumbuhan monokotil yang merupakan salah satu sumber pangan manusia.

Di beberapa daerah Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Madura, dan jawa Tengah, jagung digunakan sebagai makanan pokok.

Namun tidak hanya di dalam negeri, Dilansir dari National Geographic, jagung juga diproduksi dan dikonsumsi dalam jumlah besar di negara Amerika Serikat, Cina, Brazil, Meksiko, dan Argentina.

Di negara Inggris, Rusia, Prancis, dan Zimbabwe juga memiliki budaya mengolah jagung sebagai bahan pangan.

Bukannya tanpa alasan, konsumsi jagung di seluruh dunia di latar belakangi oleh kandungan gizi jagung yang tinggi dan manfaatnya yang banyak bagi tubuh manusia.

Baca juga: Apa Kandungan pada Beras?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk lebih memahaminya, berikut adalah kandungan kimia jagung dan manfaatnya bagi kesehatan manusia:

  • Karbohidrat

Bagian jagung yang kaya akan karbohidrat adalah pada biji jagung.  Suarni dan S. Widowati dalam jurnal Struktur, Komposisi, dan Nutrisi Jagung (2015), menyatakan komponen utama jagung adalah pati atau karbohidrat sekitar 70 persen dari bobot total biji jagung.

Karbohidrat jagung bermanfaat sebagai sumber energi tubuh. Belum lagi jenis karbohidrat dalam jagung adalah karbohidrat baik, sehingga membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  • Serat

Jagung mengandung banyak serat yang berguna mengatasi konstipasi atau sembelit. Dilansir dari Healthline, serat dominan yang terkandung dalam jagung adalah serat tidak larut seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

  • Protein

Jagung mengandung sekitar 10 hingga 15 persen protein dari bobot kering totalnya. Protein jagung tidak mengandung lemak jahat, sehingga tidak meningkatkan kadar kolesterol dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Umbi Lapis: Cara Berkembang Biak dan Contoh Tumbuhannya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.