Kompas.com - 05/07/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi rumus kimia nikel KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi rumus kimia nikel

KOMPAS.com – Nikel merupakan salah satu jenis logam yang sering digunakan oleh manusia. Nikel pada awalnya digunakan dalam perunggu Suriah dan juga koin kuno China.

Namun nikel sendiri belum dikenal hingga abad ke-17. Pada abad ke -17 Pada awal penemuannya, nikel dianggap sebagai unsur yang tidak berharga.

Hal tersebut diawali dengan para petambang Jerman menemukan mineral merah di Ergebire dan menyangka mineral tersebut adalah tembaga.

Namun saat mineral tersebut ditambang dan diekstraksi, tidak ada tembaga yang didapatkan oleh para petambang tersebut.

Mereka menyimpulkan bahwa tidak ada tembaga dalam mineral tersebut dan hanya ada bahan yang tidak berguna.

Baca juga: Senyawa Natrium Klorida: Pengertian, Rumus, dan Contohnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, mineral tersebut dijuluki dengan “kupfernickel” atau tembaga Nick Tua yang berarti tembaga palsu atau buruk. Dari nama kupfernickel inilah logam nikel dinamai oleh penemunya yaitu seorang ilmuan asal Swedia yang bernama Baron Axel Frederich.

Nikel adalah unsur ke-28 dalam tabel periodik dan termasuk dalam logam transisi. Nikel yang pada awalnya dianggap tidak berharga kini banyak digunakan karena sifatnya yang kuat juga anti karat

Rumus kimia nikel

Nikel memiliki sifat feromagnetik, sehingga penggunaannya dapat menghasilkan magnet yang kuat. Nikel ditemukan dalam bentuk mineral dan memiliki rumus kimia sebagai berikut:

  • Limonit dengan rumus kimia FeO(OH).nH2O

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, limonit adalah mineral utama besi oksida terhidrasi. Limonit mengandung nikel dengan kadar yang rendah. Limonit biasanya berupa batuan berwarna coklat yang terbentuk dari oksidasi juga hidrasi berbagai mineral.

Baca juga: Massa Jenis: Pengertian, Rumus, dan Satuannya

  • Pentlandit dengan rumus kimia (Ni,Fe)9S8

Pentlandit atau besi nikel sulfida adalah salah satu jenis mineral nikel yang ditemukan di bumi. Dilansir dari Science Education at Jefferson Lab, sebabian besar nikel di dunia diperoleh dari mineral pentlandite. Penlandite mengandung 1,5 persen nikel yang tercampur dengan tembaga, kobalt, dan juga logam lainnya.

  • Garnierite dengan rumus kimia (Ni,Mg)6Si4O10(OH)8

Garnierite adalah sebuah nikel magnesium silikat yang merupakan salah satu jenis mineral nikel di bumi. Garnierite berupa batuan kristal dengan warna hijau, kuning, atau kebiruan.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.