Kompas.com - 02/08/2021, 13:35 WIB
Ilustrasi bentuk usaha agraris di Indonesia freepik.com/pch.vectorIlustrasi bentuk usaha agraris di Indonesia

KOMPAS.com - Badan usaha menggunakan, memanfaatkan, serta mengolah berbagai faktor produksi, untuk memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.

Suatu badan usaha biasanya memiliki susunan organisasi yang terstruktur dan cara kerja sistematis.

Apabila dilihat dari kegiatan yang dilakukannya, badan usaha dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satu contohnya ialah badan usaha agraris.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agraris diartikan sebagai segala sesuatu yang berkaitan dengan pertanian atau tanah pertanian.

Apa itu badan usaha agraris?

Pengertian badan usaha agraris

Menurut Oemar Moechthar dalam buku Teknik Pembuatan Akta Badan Hukum dan Badan Usaha di Indonesia (2019), badan usaha agraris adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang pembudidayaan tumbuhan atau bidang lainnya yang berkaitan dengan usaha agraris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Badan Usaha: Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan Bentuk

Badan usaha agraris tidak hanya berfokus pada pertanian atau pengolahan tumbuhan saja. Karena bentuk badan usaha ini sebenarnya lebih menitikberatkan pada proses pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alam.

Dikutip dari buku Pengantar Bisnis (2020) karya Raba Nathaniel, badan usaha agraris sangat dipengaruhi oleh kondisi alam, seperti kualitas tanah, bibit, pupuk, iklim, keseuburan tanah, dan lain sebagainya.

Ciri badan usaha agraris

Badan usaha agraris memiliki empat ciri, yakni:

  • Pengambilan, pemanfaatan, serta pengelolaan sumber daya alam

Ciri utama dari badan usaha agraris ialah pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya alam untuk dijual ke masyarakat. Tidak hanya mengambil SDA saja, badan usaha ini biasanya juga mengolah serta mendistribusikannya.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.