Kompas.com - 27/07/2021, 14:33 WIB
Sungai Mekong dikala senja freepik.com/wirestockSungai Mekong dikala senja

KOMPAS.com - Mekong menjadi salah satu sungai terpanjang dan terbesar di dunia. Diperkirakan panjang sungai ini mencapai 4.350 kilometer atau sekitar 2.700 mil.

Sungai Mekong terletak di Asia Tenggara. Peran sungai ini sangat besar bagi kehidupan masyarakat di beberapa negara yang dialirinya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Hulu sungai ini terletak di Tibet, Tiongkok, kemudian mengalir ke Provinsi Yunan di Tiongkok, dan setelah itu melewati beberapa negara di Asia Tenggara. Hingga akhirnya bermuara di Laut China Selatan. 

Total ada lima negara di Asia Tenggara yang dialiri atau dilewati Sungai Mekong, yakni:

  1. Myanmar
  2. Laos
  3. Thailand
  4. Kamboja
  5. Vietnam

Bagi lima negara yang dialiri sungai ini, Mekong menjadi jantung kehidupan masyarakat di kawasan sekitarnya.

Baca juga: Alasan dan Tujuan Deklarasi Zopfan di ASEAN

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kondisi geografis Sungai Mekong dan kawasan sekitarnya

Dikutip dari situs Mekong River Commission (MRC), Sungai Mekong membentang dari Dataran Tinggi Tibet ke Laut Cina Selatan. Pada bagian atas (dataran tinggi), sungai ini melalui bagian lembah panjang dan sempit, memotong pegunungan serta dataran tinggi di kawasan barat daya Tiongkok.

Sedangkan pada bagian bawah (dataran rendah), sungai ini membentuk perbatasan Myanmar serta Laos. Mekong juga mengaliri Dataran Tinggi Khorat di timur laut Thailand, lereng barat Cordillera Annam di Laos, Vietnam, sebagian besar Kamboja, dan Vietnam bagian selatan.

Kondisi geografis di kawasan sekitar Sungai Mekong sangatlah beragam. Ada yang berbentuk dataran tinggi dengan lereng curam, dataran tinggi (perbukitan dan lembah), perbukitan, hutan, hingga ladang dan dataran rendah.

Aliran Sungai Mekong membuat kawasan sekitarnya menjadi dataran subur. Misalnya di sebelah selatan Vietnam, datarannya cenderung subur karena merupakan Delta Mekong. Kawasan ini dialiri Sungai Mekong dan Sungai Bassac yang merupakan cabang Sungai Mekong.

Kondisi sosial ekonomi masyarakat

Pada umumnya, kawasan sekitar Sungai Mekong memiliki jenis tanah yang subur. Sehingga hal ini memudahkan masyarakat sekitar untuk bercocok tanam. Tidak hanya itu, air Sungai Mekong juga berperan dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Tujuan dan Bentuk Kerja Sama ASEAN Bidang Ekonomi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.