Kompas.com - 15/06/2021, 11:33 WIB
Ilustrasi tambang timah freepik.com/fineimageIlustrasi tambang timah

KOMPAS.com - ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations adalah perkumpulan negara Asia Tenggara yang beranggotakan Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Rata-rata negara ASEAN memiliki kekayaan tambang yang berlimpah, salah satunya adalah timah. Berikut enam negara penghasil tambang timah terbesar di ASEAN:

  • Indonesia

Indonesia menduduki peringkat pertama negara penghasil timah terbesar di ASEAN. Dilansir dari U.S. Geological Survey, Indonesia pada tahun 2019 mampu menghasilkan 77,5 ribu ton timah, dan pada 2020 menghasilkan 66 ribu ton timah.

Produksi timah tersebut digunakan untuk kebutuhan domestik dan juga diekspor untuk memenuhi sekitar 30 persen kebutuhan timah dunia.

Baca juga: Daftar Barang Tambang di Seluruh Provinsi di Indonesia dan Kegunaannya

Sehingga Indonesia menjadi peringkat kedua penghasil timah terbesar di dunia setelah China. Dilansir dari International Tin Association, sekitar 96 persen timah diproduksi oleh PT. Timah dengan basis penambangan di Bangka Belitung dan laut lepas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Myanmar

Myanmar menduduki peringkat kedua negara penghasil timah terbesar di ASEAN dan di dunia. Pada tahun 2019 Myanmar memproduksi 42 ribu ton timah dan pada tahun 2020 memproduksi 33 ribu ton timah.

Pusat produksi timah di sebelah timur Myanmar yaitu provinsi Man Maw yang berbatasan dengan China. Diperkirakan Myanmar memiliki cadangan timah yang besar yaitu keitar 1 juta ton.

  • Vietnam

Vietnam menduduki peringkat ketiga negara penghasil timah terbesar di ASEAN. Pada tahun 2019 Vietnam memproduksi 5,5 ribu ton timah dan pada 2020 memproduksi 4,9 ribu ton timah untuk kegunaan domestik dan ekspor dunia.

  • Malaysia

Malaysia menduduki peringkat keempat negara penghasil timah terbesar di ASEAN. Pada tahun 2019 Malaysia memproduksi sekitar 3,61 ribu ton timah dan pada tahun 2020 memproduksi 3,3 ribu ton timah. Dilansir dari Unimap Library Digital Repository, cadangan timah terbesar di Malaysia Kinta Valley, Perak dan Selangor.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam Tambang

  • Laos

Laos menduduki peringkat kelima negara penghasil timah terbesar di ASEAN. Pada tahun 2019 Laos memproduksi sekitar 1,4 ribu ton timah, dan pada tahun 2020 memproduksi 1,2 ton timah. Produksi timah di Laos paling banyak dipegang oleh perusahaan Lao-Korean Tin Mines.

  •  Thailand

Thailand menduduki peringkat keenam negara penghasil timah di ASEAN. Thailand mulai bangkit kembali dalam produksi timah keterpurukan akibat rendahnya harga timah pada tahun 1985.

Dilansir dari Statista, pada tahun 2019 Thailand memproduksi sekitar 100 ton timah dan pada 2020 mengalami kenaikan yang besar yaitu mencapai 700 ton timah.

Tambang timah terbesar vietnam berada di Laut Andaman yang menjadi perbatasan sebelah barat Indonesia dan Thailand. 


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X