Kompas.com - 27/07/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi Pramuka freepik.comIlustrasi Pramuka

KOMPAS.comGerakan Pramuka atau Gerakan Kepaduan Praja Muda Karana adalah organisasi pendidikan gerakan kepaduan yang berbadan hukum.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, gerakan Pramuka pertama kali dibentuk oleh tentara nasional Inggris bernama Robert Stepshenson Smyth Bade-Powell pada tahun 1908.

Gerakan Pramuka kemudian mulai masuk ke Indonesia sejak jaman Hindia-Belanda dan berkembang diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961. Tujuan didirikannya Gerakan Pramuka tertuang dalam Bab III Pasal 4 yaitu:

Perkumpulan ini bertudjuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan djalan kepanduan jang disesuaikan dengan pertumbuhan bangsa dan masjarakat Indonesia dewasa ini agar supaja:

  1. Mendjadi manusia jang berkepribadian dan berwatak luhur, jang tjerdas, tjakap, tangkas, terampil dan radjin, dan jang sehat djasmaniah dan rochaniah.
  2. Mendjadi warga-warga Indonesia jang ber-Pantja-Sila, setia dan patuh terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan jangn berpikir dan bertindak atas landasan-landasan Manusia-Sosialis-Indonesia; sehingga mendjadi anggota masjarakat jang baik dan berguna. Jang sanggung dan mampu menjelenggarakan Amanat Penderitaan Rakjat.

Baca juga: Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat?

Motto Gerakan Pramuka

Dalam Kegiatan Pramuka terdapat beberapa unsur, salah satunya adalah motto Gerakan Pramuka. Motto gerakan pramuka adalah “Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan”.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara harfiah, satya berarti janji atau ikrar dan darma berarti kewajiban, tugas hidup, dan kebajikan, adapun bakti memiliki arti tunduk, hormat, dan perbuatan yang menyatakan setia.

Sehingga kalimat “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” memiliki makna janji yang akan dilaksanaan sebagai kewajiban melalui perbuatan dan perbuatan tersebut adalah bukti pengabdian atau kesetiaan.

Motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” ditanamkan kepada seluruh anggota Pramuka dan menjadi budaya organisasi. PAH TIM dalam buku Panduan Lengkap Gerakan Pramuka (2015) menyebutkan budaya organisasi melandasi sikap dan perilaku setiap anggota Pramuka.

Kode kehormatan Pramuka terdiri atas janji yang disebut dengan Satya dan ketentual moral yang disebut dengan Dharma. Keduanya adalah unsur dari metode Kepramukaan dan merupakan alat pelaksanaan prinsip dasar Kepramukaan.

Baca juga: Saka: Pengertian dan Jenisnya dalam Pramuka

Fungsi motto Gerakan Pramuka

Fungsi motto Gerakan Pramuka tercantum dalam Lampiran Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2009 pada pasal 14 butir 1, yaitu:

"Motto Gerakan Pramuka merupakan bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggota Gerakan Pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan berarti mempersiapkan diri untuk mengamalkan Kode Kehormatan."

Manfaat motto Gerakan Pramuka

Beberapa manfaat dari motto Gerakan Pramuka, di antaranya:

  • Menanamkan rasa bangga sebagai bagian dari Gerakan Pramuka
  • Membangun kesiapan dalam pengamalan Satya dan Darma Pramuka
  • Sebagai budaya yang melandasi pengabdian dalam pengamalan Satya dan Darma Pramuka
  • Menambah rasa percaya baik kepada Gerakan kepramukaan, sesama anggota, dan juga pada diri sendiri
  • Menambah semangat pengabdian diri baik pada orang tua, masyarakat, lingkungan, juga bangsa dan negara
  • Menanamkan rasa tanggung jawab pada para anggota Gerakan Pramuka

 Baca juga: Mengenal Kode Kehormatan Gerakan Pramuka


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.