Kompas.com - 16/06/2021, 12:20 WIB
Ilustrasi saka dalam pramuka freepik.com/macrovectorIlustrasi saka dalam pramuka

KOMPAS.comPramuka termasuk salah satu pendidikan informal yang bisa didapat murid sekolah atau mahasiswa.

Gerakan kepramukaan menjadi wadah untuk membina serta mengembangkan bakat, pengetahuan serta keahlian yang dimiliki.

Gerakan pramuka memiliki beberapa organisasi pendukung yang digunakan pengurus ataupun anggotanya untuk mengembangkan bakat serta menjalankan fungsi tertentu. Salah satu contohnya saka atau satuan karya pramuka.

Apa itu saka dalam pramuka?

Baca juga: Mengenal Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

Pengertian saka dalam pramuka

Berdasarkan Pasal 39 dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (Keputusan Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 07/Munas/2018), saka atau satuan karya menjadi salah satu organisasi pendukung dalam gerakan kepramukaan bagi  anggota pramuka penegak serta pandega.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip dari buku Scout Book: Materi Lengkap Pramuka (2014) karya Alim Sutoto dan Toni Hermanto, saka merupakan aktivitas kepramukaan yang ditujukan untuk memberi bekal pengetahuan serta keterampilan, khususnya di bidang kejuruan.

Jenis saka dalam pramuka

Dalam pelaksanaannya, gerakan pramuka bekerja sama dengan organisasi atau instansi lain. Aktivitas saka dibina oleh Kwartir Ranting atau Cabang, sebagai upaya peningkatan kemampuan serta pengetahuan di bidang tertentu dan supaya nantinya bisa mengabdi kepada masyarakat dan negara.

Baca juga: Kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang

Menurut Zuli Agus Firmansyah dalam buku Panduan Resmi Pramuka (2015), ada 11 jenis saka atau satuan karya pramuka, yaitu:

  1. Saka Dirgantara
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang kedirgantaraan. Harapannya setelah melalui serangkaian proses, para anggota pramuka bisa mengabdi dan berguna bagi masyarakat, bangsa serta negara.
  2. Saka Bhayangkara
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Para anggota pramuka diharapkan nantinya bisa berguna serta mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara.
  3. Saka Bahari
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan keterampilan di bidang kebaharian. Pelatihan ini juga menjadi upaya menumbuhkan rasa cinta dan sikap hidup yang berorientasikan pada kebaharian, termasuk laut serta perairan dalam.
  4. Saka Bakti Husada
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan keterampilan di bidang kesehatan. Setelah menempuh pendidikan di saka ini, para anggota pramuka diharapkan bisa membaktikan dirinya kepada masyarakat di bidang kesehatan.
  5. Saka Keluarga Berencana (Kencana)
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang keluarga berencana. Para anggota pramuka akan mendapat pengetahuan serta keterampilan praktis di bidang bakti masyarakat, khususnya keluarga berencana, keluarga sejahtera serta pengembangan kependudukan.
  6. Saka Taruna Bumi
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan yang bergerak dalam pertanian. Dalam saka ini, anggota pramuka akan mendapat pengetahuan, pelatihan kepemimpinan, keterampilan dan kecakapan, sehingga nantinya diharapkan mereka bisa produktif dan membantu mengembangkan pembangunan pertanian.
  7. Saka Wanabakti
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup. Lebih spesifiknya, saka ini melatih anggota pramuka untuk lebih terampil, dapat menumbuhkan kesadaran, dan rasa tanggung jawab terhadap pelestarian sumber daya alam serta lingkungan hidup.
  8. Saka Wirakartika
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang pendidikan bela negara. Pelatihan saka ini dibina oleh TNI AD (Angkatan Darat). Pengajarannya berfokus untuk memberi pengetahuan, mengembangkan keterampilan di bidang bela negara.
  9. Saka Pariwisata
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan serta pelatihan di bidang pariwisata. Pelatihan ini dapat mencakup pemandu wisata, penyuluh wisata serta kuliner.
  10. Saka Widya Bakti
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan dan pelatihan di bidang bakti masyarakat. Dalam saka ini akan diajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan, khususnya pembelajaran mengenai pendidikan kecakap hidup, media pendidikan dan pemerataan pemberatasan buta aksara (buta huruf).
  11. Saka Kalpataru
    Jenis saka ini menjadi wadah pendidikan dan pelatihan di bidang lingkungan hidup. Artinya anggota pramuka akan diberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang pemeliharaan lingkungan hidup.

Baca juga: Ciri-Ciri Seragam Pramuka Siaga


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X