Kompas.com - 24/06/2021, 14:30 WIB
Kegiatan Gerakan Pramuka Indonesia shutterstock.comKegiatan Gerakan Pramuka Indonesia

KOMPAS.comSeragam pramuka identik dengan perpaduan warna coklat muda dan tua. Mulai dari topi hingga bawahan, semuanya berwarna coklat.

Keputusan tentang pemilihan warna coklat sebagai warna seragam pramuka, diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional (Kwarnas) Nomor 174 Tahun 2012 tentang Pakaian Seragam Pramuka.

Surat ketentuan ini dibuat untuk menggantikan Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 226 Tahun 2007. Dalam SK Kwarnas Nomor 174 Tahun 2012 dijelaskan jika warna pakaian seragam pramuka ialah warna coklat.

Warna coklat dipilih sebagai seragam pramuka karena beberapa hal, yaitu: 

  • Warna pakaian pejuang kemerdekaan

Alasan utamanya ialah warna coklat menjadi salah satu warna yang paling sering digunakan oleh para pejuang kemerdekaan saat perang kemerdekaan Indonesia (1945 hingga 1949). Pemilihan warna ini bertujuan supaya anggota gerakan pramuka tidak melupakan jasa para pejuang kemerdekaan.

Baca juga: Saka: Pengertian dan Jenisnya dalam Pramuka

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain warna coklat, dulunya ada warna hijau dan wulung. Namun, akhirnya diputuskan warna coklat menjadi warna seragam pramuka, karena bisa diserasikan dengan warna bendera kebangsaan, yakni Merah Putih.

  • Coklat seperti Tanah Air Indonesia

Pemilihan warna coklatjuga didasarkan pada simbol Tanah Air Indonesia. Warna coklat muda untuk pakaian atasan, melambangkan air yang senantiasa mengalir di lautan atau perairan Indonesia. Sedangkan coklat tua melambangkan warna tanah kita, Tanah Indonesia.

  • Tunas Kelapa

Pemilihan warna coklat pada seragam pramuka juga berkaitan dengan lambang pramuka, yaitu tunas kelapa.

Mengutip dari buku Panduan Wajib Pramuka Superlengkap (2016) karya Jaenudin Yusup dan Tini Rustini, tunas kelapa sebagai lambang pramuka diciptakan oleh Soenardjo Atmodipuro.

Tunas diartikan sebagai generasi penerus bangsa. Sedangkan kelapa melambangkan anggota gerakan pramuka yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Buah kelapa juga dimaknai bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, harapannya para anggota pramuka bisa selalu beradaptasi.

Baca juga: Mengenal Kode Kehormatan Gerakan Pramuka


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X