Kompas.com - 15/06/2021, 14:38 WIB
Kode Kehormatan Gerakan Pramuka ensiklopediapramuka.comKode Kehormatan Gerakan Pramuka

KOMPAS.com - Kegiatan pramuka diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

Segala bentuk kegiatan pramuka termasuk dalam pendidikan nonformal yang sering diselenggarakan di luar lingkungan sekolah.

Menurut Khaerul Anam dalam buku Wawasan Kepramukaan (2020), pramuka merupakan singkatan dari ‘praja muda karana’. Berarti anak muda yang gigih dalam menggapai cita-cita serta bermanfaat untuk sesamanya.

Pramuka menjadi wadah pembinaan serta pengembangan bagi anggota pramuka siaga, penggalang, pandega, pembina, pelatih, majelis pembimbing dan lain sebagainya.

Baca juga: Kegiatan-kegiatan Pramuka Penggalang

Kepramukaan turut melatih anggotanya dalam hal kepemimpinan, seperti memimpin dan dipimpin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para anggota pramuka harus menjalankan serta menaati kode kehormatan pramuka saat menjalankan kegiatannya.

Kode Kehormatan Gerakan Pramuka

Kode Kehormatan Pramuka adalah norma yang berlaku dalam kehidupan pramuka dan menjadi standar tingkah laku pramuka di lingkungan masyarakat. Kode ini merupakan jani dan komitmen diri dalam pendidikan kepramukaan. 

Mengutip dari buku Panduan Wajib Pramuka Superlengkap (2016) karya Jaenudin Yusup dan Tini Rustini, Kode Kehormatan Pramuka melandasi sikap serta perilaku seluruh anggota gerakan pramuka. Penerapannya disesuaikan dengan golongan usia anggota pramukanya.

Ada dua jenis kode kehormatan pramuka, yakni Satya Pramuka serta Darma Pramuka. Satya Pramuka berisikan janji anggota pramuka. Sedangkan Darma Pramuka berisikan tentang ketentuan moral.

Baca juga: Ciri-Ciri Seragam Pramuka Siaga

Satya Pramuka diucapkan secara sukarela dan digunakan untuk mengembangkan spiritual, emosional, sosial dan intelektual tiap anggota gerakan pramuka.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X