Kompas.com - 28/01/2021, 15:51 WIB

KOMPAS.com - Pramuka atau Praja Muda Karana merupakan organisasi pembinaan untuk pemuda dan pemudi. Selain pembinaan, pramuka juga melatih anggotanya untuk melakukan berbagai keterampilan.

Salah satu materi penting dalam pramuka adalah pembelajaran tentang sandi pramuka. Tahukah kamu apa itu sandi pramuka?

Dalam Buku Mengenal Gerakan Pramuka (2020), sandi pramuka merupakan salah satu pelatihan ketelitian, daya ingat, konsentrasi serta kecerdasan. 

Pembelajaran sandi pramuka ini ditujukan untuk pramuka siaga, pramuka penggalang serta pramuka pandega. Sandi pramuka tidaklah harus baku karena disesuaikan dengan kondisi, nama, cara penyampaian serta jenis yang berbeda di setiap daerah.

Mengutip dari Scout Book Mini: Materi Lengkap Pramuka (2014), berikut enam jenis sandi pramuka:

  • Sandi angka 

Sesuai dengan namanya, sandi ini digunakan dengan cara mengurutkan angka mulai dari 1 hingga angka berikutnya. Pengurutan angka ini harus disesuaikan dengan urutan abjad.

Contohnya adalah A= 1, B= 2, C= 3, D= 4, E,= 5, dan seterusnya hingga urutan angka ke-26 untuk huruf abjad Z.

Baca juga: Sebutan Pramuka di Berbagai Negara

  • Sandi kurung 

Sesuai dengan namanya, sandi ini menggunakan simbol tanda kurung. Jumlah penggunaan tanda kurungnya juga bisa bertambah.

Khusus untuk abjad A hingga C hanya menggunakan simbol tanda kurung saja. Namun, untuk abjad berikutnya tanda kurung harus ditambah dengan angka mulai dari 1 hingga 8. Jika urutan angka sudah mencapai angka 8, maka jumlah tanda kurung ditambah.

Contohnya adalah A = ( , B = (( , C = ((( , D = (1, E = (2, O = ((4 , Z = (((7 , dan seterusnya.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.