Kompas.com - 15/06/2021, 14:16 WIB

KOMPAS.comBiografi berisikan riwayat hidup dan kisah tokoh yang disajikan. Umumnya biografi membahas kisah yang inspiratif, menarik, mengagumkan dan membuat pembacanya terharu.

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), teks biografi berasal dari Bahasa Yunani, yakni bios dan graphien.

Bios berarti hidup sedangkan graphien berarti tulis. Maka biografi bisa diartikan cerita atau tulisan mengenai kehidupan seseorang.

Ciri utama teks biografi bisa dilihat dari isinya. Biografi berisikan informasi fakta dalam bentuk narasi.

Biografi bersifat faktual karena berasal dari kisah atau pengalaman hidup tokoh yang diceritakan. Selain itu, riwayat tokoh dalam biografi ditulis oleh orang lain.

Baca juga: Apa itu Biografi Jurnalistik?

Jenis-jenis biografi

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), bentuk biografi dapat dikelompokkan menjadi empat dengan jenisnya masing-masing. Berikut penjelasan jenis-jenis biografi:

Berikut yang termasuk biografi berdasarkan sisi penulisnya adalah:

  1. Authorized biography
    Adalah biografi yang dibuat dengan seizin tokoh yang diceritakan. Isi biografi tersebut dibuat dengan sepengetahuan tokohnya, untuk menceritakan ulang kisah dan riwayat hidupnya dalam bentuk teks narasi.
  2. Unauthorized biography
    Adalah biografi yang dibuat tanpa seizin tokoh yang akan diceritakan. Hal ini dapat terjadi karena tokoh tersebut telah meninggal dunia.

Berdasarkan isinya, biografi dibedakan menjadi:

  1. Perjalanan hidup
    Biografi perjalanan hidup adalah biografi yang isinya tentang perjalanan hidup tokoh yang diceritakan. Untuk penulisannya bergantung kepada penulis. Artinya penulis bisa menentukan sudut pandang kisah yang akan diceritakan. Misalnya penulis hanya memilih kisah tokoh yang dianggapnya mengharukan.
  2. Perjalanan karier
    Biografi perjalanan karier adalah biografi yang berisikan perjalanan karier dari tokoh yang diceritakan. Hampir sama seperti biografi perjalanan hidup, dalam jenis biografi ini, penulis juga bebas menentukan dari mana ia akan menulis biografinya. Misal penulis hanya memilih kisah perjalanan karier yang dianggapnya paling inspiratif.

Baca juga: Pola-Pola Pengembangan Teks Biografi

Biografi berdasarkan bahan penulisnya, yaitu:

  1. Biografi jurnalistik
    Adalah jenis biografi yang bahan penulisannya didapat lewat hasil wawancara tokoh, baik dengan tokoh utama yang akan diceritakan atau tokoh pendukung, seperti keluarga atau kerabat tokoh.
  2. Biografi politik
    Adalah jenis biografi yang tema utamanya membahas politik. Dalam pembuatannya, penulis perlu mengumpulkan berbagai bahan riset yang sesuai dengan tema politik tokohnya.
  3. Biografi intelektual
    Adalah jenis biografi yang bahan penulisannya didapat dari hasil riset. Biografi intelektual ditulis menggunakan gaya bahasa ilmiah yang sesuai.
  • Jenis biografi berdasarkan penerbitnya

Jenis biogradi berdasarkan penerbitnya dikelompokkan menjadi:

  1. Buku subsidi
    Jenis biografi ini dibuat dan diterbitkan oleh sponsor yang berkaitan. Mulai dari biaya produksi hingga penerbitan, seluruhnya ditanggung pihak sponsor.
  2. Buku sendiri
    Jenis biografi ini dibuat dan diterbitkan oleh pihak penerbit sendiri. Seluruh pengeluaran biayanya ditanggung pihak penerbit dan dijual ke khalayak luas.

Baca juga: Mengungkapkan Sikap Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.