Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kendaraan Tenaga Surya

Kompas.com - 15/06/2021, 12:21 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan bahan bakar fosil sebagai bahan bakar utama bagi manusia dapat mencemari lingkungan dan mempercepat terjadinya pemanasan global.

Oleh karena itu dibuatlah berbagai macam inovasi untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Salah satu inovasi tersebut adalah kendaraan tenaga surya yang menggunakan energi Matahari sebagai sumber tenaganya.

Sebelum beralih menggunakan kendaraan tenaga surya, yuk kita pelajari kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya sebagai berikut:

Keuntungan kendaraan tenaga surya

Berikut keuntungan memakai kendaraan bertenaga surya adalah:

  • Energi tidak terbatas

Kendaraan tenaga surya menggunakan matahari yang merupakan sumber energi tak terbarukan.

Baca juga: Mengapa Ban Kendaraan Dibuat Beralur?

Energi matahari akan terus menyinari bumi dalam jumlah besar yang terbatas, sehingga menjadi sumber energi gratis yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan menggantikan energi fosil yang jumlahnya terbatas.

  • Ramah lingkungan

Dilansir dari Solar Power Nerd, kendaraan tenaga listrik tidak membakar bahan bakar yang artinya tidak menghasilkan emisi. Tidak ada gas rumah kaca yang keluar dari kendaraan tenaga surya.

Satu-satunya emisi dalam kendaraan tenaga surya terdapat pada bahan yang digunakan dalam pembuatan panel surya. Emisinya terhitung sangat kecil jika dibandingkan dengan kendaran berbahan bakar fosil.

  • Efisiensi jangka panjang

Penggunaan kendaraan tenaga surya jelas mahal pada awalnya. Namun setelah berjalan, akan terasa manfaat dan harganya yang jauh lebih murah.

Karena matahari merupakan energi bebas yang gratis, penggunaanya pun jauh lebih ekonomis dibanding mengandalkan minyak bumi maupun gas alam.

Baca juga: Jenis-Jenis Polutan Kendaraan dan Dampaknya

Kendaraan tenaga surya adalah teknologi masa depan yang mau tidak mau akan menggantikan keberadaan kendaraan berbahan bakar fosil.

Hal ini dikarenakan minyak bumi dan alam yang akan habis pada suatu hari. Sehingga penggunaan kendaraan tenaga surya merupakan investasi teknologi masa depan yang penting.

Karena tidak menggunakan banyak mesin seperti kendaraan berbahan bakar fosil, kendaraan tenaga surya membutuhkan perawatan yang sangat minim. Hal ini tentu saja menekan pengeluaran dalam perawatan kendaraan di masa depan.

  • Lebih canggih

Mobil tenaga surya memiliki fitur yang lebih canggih. Mobil tenaga surya memiliki sistem keamanan yang lebih baik membuat penggunanya dapat menghindari kemungkinan tabrakan. Belum lagi mobil tenaga surya memiliki sistem akselaris yang cepat dan senyap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com