Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-Jenis Biografi

KOMPAS.com - Biografi berisikan riwayat hidup dan kisah tokoh yang disajikan. Umumnya biografi membahas kisah yang inspiratif, menarik, mengagumkan dan membuat pembacanya terharu.

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), teks biografi berasal dari Bahasa Yunani, yakni bios dan graphien.

Bios berarti hidup sedangkan graphien berarti tulis. Maka biografi bisa diartikan cerita atau tulisan mengenai kehidupan seseorang.

Ciri utama teks biografi bisa dilihat dari isinya. Biografi berisikan informasi fakta dalam bentuk narasi.

Biografi bersifat faktual karena berasal dari kisah atau pengalaman hidup tokoh yang diceritakan. Selain itu, riwayat tokoh dalam biografi ditulis oleh orang lain.

Jenis-jenis biografi

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), bentuk biografi dapat dikelompokkan menjadi empat dengan jenisnya masing-masing. Berikut penjelasan jenis-jenis biografi:

  • Jenis biografi berdasarkan izin atau sisi penulisan

Berikut yang termasuk biografi berdasarkan sisi penulisnya adalah:

  1. Authorized biography
    Adalah biografi yang dibuat dengan seizin tokoh yang diceritakan. Isi biografi tersebut dibuat dengan sepengetahuan tokohnya, untuk menceritakan ulang kisah dan riwayat hidupnya dalam bentuk teks narasi.
  2. Unauthorized biography
    Adalah biografi yang dibuat tanpa seizin tokoh yang akan diceritakan. Hal ini dapat terjadi karena tokoh tersebut telah meninggal dunia.
  • Jenis biografi berdasarkan isinya

Berdasarkan isinya, biografi dibedakan menjadi:

  • Jenis biografi berdasarkan bahan penulisannya

Biografi berdasarkan bahan penulisnya, yaitu:

  1. Biografi jurnalistik
    Adalah jenis biografi yang bahan penulisannya didapat lewat hasil wawancara tokoh, baik dengan tokoh utama yang akan diceritakan atau tokoh pendukung, seperti keluarga atau kerabat tokoh.
  2. Biografi politik
    Adalah jenis biografi yang tema utamanya membahas politik. Dalam pembuatannya, penulis perlu mengumpulkan berbagai bahan riset yang sesuai dengan tema politik tokohnya.
  3. Biografi intelektual
    Adalah jenis biografi yang bahan penulisannya didapat dari hasil riset. Biografi intelektual ditulis menggunakan gaya bahasa ilmiah yang sesuai.
  • Jenis biografi berdasarkan penerbitnya

Jenis biogradi berdasarkan penerbitnya dikelompokkan menjadi:

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/15/141637369/jenis-jenis-biografi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke