Kompas.com - 15/07/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi pengertian media realia KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian media realia

KOMPAS.com – Dalam beberapa mata pelajaran terutama Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), siswa sering kali merasa bahwa ilmu tersebut tidak akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut dapat mengurangi semangat belajar dan juga pemahaman siswa akan materi yang disampaikan.

Oleh karena itu digunakan media pembelajaran untuk membantu siswa memahi mata pelajaran. Istilah media berasal dari bahasa Latin “medium” yang berarti perantara.

Heinich, Molenda, dan Russell dalam buku Instructional Media (1993) menyebutkan bahwa media adalah saluran komunikasi. Sehingga media pembelajaran dapat diartikan sebagai alat komunikasi atau perantara pembelajaran antara pengajar dan anak didiknya.

Ada beberapa jenis media pembelajaran, salah satunya adalah realia. Badru Zaman dalam buku Media dan Sumber Belajar TK (2012) menyebutkan bahwa media realia adalah alat bantu visual dalam pembelajaran yang berfungsi memberikan pengalaman langsung (direct experience) kepada anak.

Baca juga: 4 Tradisi Praktik Pembelajaran IPS

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jenis media realia

Novita dalam jurnal Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Keefektifan Belajar Siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (2018) menyebutkan bahwa terdapat tiga jenis media realia yaitu benda nyata, benda nyata yang telah dimodifikasi, dan juga spesimen. Berikut penjelasannya:

  • Benda nyata

Benda nyata merupakan benda asli yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya berbagai tumbuhan untuk mempelajari fotosintesis, bola untuk mempelajari gerak parabola, cacing untuk mempelajari pembelahan diri, dan juga bahan-bahan lainnya.

  • Benda nyata yang dimodifikasi

Benda nyata yang dimodifikasi adalah enda yang telah direkayasa bertujuan untuk pembelajaran suatu materi tertentu. Contoh benda nyata yang dimodifikasi adalah alat peraga sains seperti roket air dari botol dan juga miniature gunung berapi.

  • Spesimen

Spesimen adalah sampel dari suatu benda yang mewakili karakteristik suatu kelompok. Misalkan seekor kupu-kupu dengan spesies tertentu yang diamati untuk mempelajari siklus hidupnya.

Contoh lain, seekor kecebong spesies katak tertentu yang diamati metamorfosisnya. Biasanya spesimen diletakkan dalam wadah tertutup, dapat berupa botol, kotak, maupun akuarium.

Baca juga: Pembelajaran tentang Konsep Diri

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.