Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Kompas.com - 07/04/2021, 13:46 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penelitian bertujuan mencari fakta ilmiah terkait ilmu pengetahuan. Metode yang digunakan haruslah bersifat ilmiah pula.

Penelitian sangatlah bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Penelitian harus dilakukan secara obyektif atau sesuai dengan temuan fakta di lapangan.

Menurut Sandu Siyoto dan Ali Sodik dalam buku Dasar Metodologi Penelitian (2015), penelitian adalah upaya penyelidikan yang dilakukan secara kritis dan terstruktur untuk mencari fakta terkait suatu hal.

Dalam Bahasa Inggris, penelitian disebut research yang terdiri atas kata re dan kata search. Sehingga bisa diartikan sebagai pencarian kembali ilmu pengetahuan.

Pada umumnya, penelitian bertujuan untuk mengubah pendapat yang sebelumnya pernah ada atau untuk menemukan suatu hal baru sebagai inovasi.

Agar bisa mencapai tujuan penelitian tersebut, diperlukan metode penelitian yang bersifat ilmiah. Berikut jenis-jenis metode penelitian:

Dalam buku Metode Penelitian Akuntansi (2019) karya Monika Handayani, metode penelitian ialah langkah-langkah yang telah disusun sistematis untuk mencari serta mendapatkan pengetahuan.

Baca juga: Penelitian: Definisi, Ciri, Sikap, Jenis dan Syaratnya

Metode penelitian yang bertujuan hanya menggambarkan fakta secara apa adanya yaitu penelitian deskriptif. Bertujuan untuk menggambarkan secara fakta obyek yang diteliti. 

Metode penelitian ini digunakan untuk menjabarkan kondisi yang terjadi pada masa sekarang. Jenis metode penelitian deskriptif juga diterapkan untuk mendeskripsikan suatu gejala serta peristiwa.

Biasanya metode ini ditujukan untuk menjelaskan peristiwa atau memecahkan masalah dalam bidang tertentu, seperti pendidikan. Permasalahan yang terjadi umumnya saat penelitian dilaksanakan, sehingga manfaat temuannya ada pada saat penelitian dilakukan.

  • Metode penelitian eksperimental

Eksperimental atau eksperimen merupakan jenis metode penelitian percobaan. Peneliti berusaha melakukan kontrol pada obyek yang sedang diteliti. Setelah itu, akan dilihat bagaimana pengaruh atau efek yang terjadi akibat kontrol tersebut.

Metode penelitian eksperimental sering digunakan oleh peneliti, untuk menguji hipotesis tentang sebab akibat suatu hal. Jenis metode penelitian ini membutuhkan komparasi atau perbandingan antara sebelum dan sesudah penelitian percobaan.

  • Metode penelitian kualitatif

Mengutip dari buku Pengantar Metodologi Penelitian (2020) karya Qomariyatus Sholihah, penelitian kualitatif menekankan pada proses observasi atau pengamatan obyek secara mendalam. Metode ini juga menggunakan pengalaman sebagai dasar analisanya.

Baca juga: Penelitian Sosial: Definisi dan Ciri-Ciri

Kualitatif sering digunakan dalam penelitian ilmu sosial. Penjabarannya pun bisa dalam bentuk analisis isi, narasi atau lainnya. Penelitian ini berbeda dengan kuantitatif, karena tidak adanya uji kuantitatif pada bagian kesimpulannya.

  • Metode penelitian kuantitatif

Kuantitatif lebih menekankan pada sifat serta hubungan antar-fenomena. Kuantitatif bersifat lebih obyektif dibanding kualitatif, karena adanya uji kuantitatif pada bagian kesimpulan. Sehingga hasilnya sering menggunakan analisis statistik.

Metode penelitian kuantitatif sering digunakan dalam bidang ilmu pengetahuan alam, seperti fisika atau biologi. Namun, tidak sedikit pula ilmu sosial menggunakan metode ini dengan menciptakan instrumen pengukur dari variabel yang digunakannya.

  • Metode penelitian survei

Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei atau pengumpulan data secara langsung dari responden penelitian. Hasil penelitiannya berupa opini atau pendapat terkait tema penelitian.

Biasanya survei dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuisioner sebagai instrumen pengumpulan datanya. Angket atau kuisioner ini disebarkan ke responden yang telah ditentukan sebagai sampel penelitiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com