Kompas.com - 04/11/2020, 16:05 WIB
ilustrasi penelitian sosial shutterstock.comilustrasi penelitian sosial

KOMPAS.com – Sosiologi merupakan salah satu ilmu yang tergabung dalam rumpun ilmu sosial. Sebagai ilmu sosial, tugas utama sosiologi adalah melakukan penelitian sosial.

Dilansir dari buku Merancang dan Melakukan Penelitian Sosial (2019) karya Sri Muhammad Kusumantoro, penelitian sosial merupakan penyelidikan tentang satu gejala sosial atau hubungan antara dua atau lebih gejala sosial melalui metode ilmiah.

Penelitian sosial menaruh perhatian penting pada aspek fenomena sosial dan masyarakat. Selain itu, penelitian sosial juga membantu dalam memahami kedua aspek tersebut.

Penelitian sosial memiliki ciri-ciri untuk memudahkan pemahaman. Ciri ciri penelitian sosial, antara lain:

  • Penelitian sosial dilaksanakan melalui prosedur sistematis, yaitu dengan menggunakan pembuktian berupa data fakta yang diperoleh secara obyektif.
  • Penelitian sosial merupakan proses yang berjalan secara terus-menerus. Sehingga hasil penelitian sosial selalu dapat disempurnakan atau dilanjutkan lagi oleh peneliti lain.

Baca juga: Teori Perubahan Sosial: Jenis-Jenis dan Contohnya

Pengelompokan penelitian sosial

Berdasarkan tingkat analisis yang disusun oleh peneliti untuk data yang hendak dikumpulkan, penelitian sosial dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu:

  • Penelitian deskriptif

Dalam buku Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (2013) karya William Lawrence Neuman, peneltian deskriptif merupakan penelitian yang menyajikan gambaran spesifik mengenai situasi, penataan sosial, atau hubungan.

Hasil penelitian deskriptif berupa gambaran secara rinci tentang persoalan atau jawaban atas pertanyaan penelitian.

  • Penelitian eksploratif

Penelitian eksploratif adalah penelitian yang berusaha mendapatkan informasi mendasar mengenai permasalahan atau keadaan yang jarang atau bahkan belum pernah diteliti.

Baca juga: Lembaga Pengendalian Sosial: Jenis dan Fungsinya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X