Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-Jenis Teks Laporan

Kompas.com - 14/07/2021, 21:25 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Teks adalah kumpulan kalimat yang memiliki isi serta tujuan tertentu. Menurut jan Van Luxemburg dalam bukunya Pengantar Ilmu Sastra (1989) teks adalah ungkapan bahasa yang menurut isi, sintaksis, dan pragmatik merupakan satu kesatuan. Sehingga teks bertujuan menyempaikan pesan tertentu.

Teks laporan seperti namanya, bertujuan untuk menyampaikan suatu laporan dengan jelas pada pembacanya.

Menurut isi laporannya, jenis-jenis teks laporan terbagi menjadi: 

Teks diajakarkan sebagai salah satu kompetensi dasar kemampuan berbahasa Indonesia. Amay Unggu Anggria dalam jurnal Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi (2018), menyebutkan di antara beberapa teks yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2016 terdapat salah satu teks yang bersifat faktual yaitu teks laporan hasil observasi.

Teks laporan hasil observasi berisi hasil pengamatan yang didasarkan pada data. Sehingga teks laporan hasil observasi bersifat obyektif dan faktual bukannya berupa opini dari penulis.

Teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur yang mengacu pada metode observasi (penelitian) yang dilakukan.

Baca juga: Mengapa Teks Laporan Observasi disebut Teks Klasifikasi?

Teks laporan perjalanan adalah teks laporan yang berisi fakta dalam suatu perjalanan atau kegiatan kunjungan.

Teks laporan perjalanan dapat bersifat individu, seperti tugas sekolah untuk menulis laporan perjalanan liburan maupun study tour yang dilakukan oleh siswa.

Adapun dalam suatu organisasi, teks laporan perjalanan digunakan sebagai pertanggung jawaban.

Misalnya perjalanan ke luar negeri yang dilakukan oleh menteri, harus menyertakan laporan perjalanan. Yang di dalamnya terkandung waktu, tujuan, tempat tujuan, kegiatan yang diikuti, biaya, serta hasil perjalanan.

Teks laporan kegiatan adalah teks yang bertujuan melaporkan aktivitas, usaha, maupun suatu pekerjaan yang dilakukan.

Dilansir dari The Purdue Writing Lab, laporan kegiatan adalah bentuk komunikasi dalam suatu organisasi maupun perusahaan untuk menggambarkan kegiatan dengan jelas, ringkas, dan sesuai fakta.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada organisasi maupun sebagai informasi kemajuan suatu proyek yang sedang dilakukan.

Teks laporan kegiatan biasanya disertai dengan bukti terlaksananya kegiatan seperti foto dokumentasi, urat perizinan, nota, ataupun setruk pembelian.

Contoh teks laporan kegiatan adalah laporan kegiatan rapat organisasi, laporan kegiatan seminar pendidikan, laporan kegiatan bakti sosial, laporan kegiataan pelaksanaan pentas seni, dan sebagainya.

Teks laporan peristiwa adalah teks yang leporkan atau menuliskan data serta fakta yang terjadi dalam peristiwa tertentu.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, peristiwa diartikan sebagai kejadiaan, hal, dan perkara. Peristiwa dapat berupa kejadian dalam aspek politik, sejarah, alam, pendidikan, keamaan, dan lain sebagainya.

Misalnya teks laporan peristiwa banjir di suatu kota yang berisi berbagai fakta dan data dari kejadian banjir tersebut.

Di mana waktu kejadian banjir, ketinggian air, asal mula luapan, penyebab banjir, jumlah warga yang terdampak, serta jumlah kerugian yang dihasilkan peristiwa tersebut.

Baca juga: Teks Laporan Kegiatan: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Struktur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com