Kompas.com - 08/05/2021, 15:08 WIB
Ilustrasi Hiu Macan ThinkstockIlustrasi Hiu Macan

KOMPAS.comIkan hiu dikenal sebagai ikan yang buas dan menyeramkan. Banyak orang merasa takut jika harus berhadapan dengan hiu, terlebih lagi ikan ini dikenal suka menyerang manusia.

Hiu putih besar atau great white shark menjadi salah satu spesies hiu yang paling berbahaya dan ditakuti manusia. Walau memiliki kesan menakutkan, sebenarnya tidak semua hiu suka menyerang manusia. Hanya beberapa spesies di antaranya yang dikabarkan pernah melakukan serangan.

Lalu, apa alasan utama ikan hiu menyerang manusia?

Mengutip dari NOAA’s National Ocean Service, ikan hiu bisa menyerang manusia karena mereka penasaran atau bingung dengan apa yang sedang dilakukan makhluk hidup lainnya, dalam hal ini manusia.

Misalnya ketika manusia sedang berenang atau mencipratkan air di laut, ikan hiu memiliki insting untuk menyelidiki apa yang sedang dilakukan manusia. Terkadang hal ini mengarah ke serangan hiu secara tiba-tiba dan tidak sengaja.

Baca juga: Apakah Fenomena Aurora Berbahaya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain rasa penasaran dan ingin menyelidiki, masih ada beberapa alasan lainnya yang dianggap masuk akal menjadi jawaban mengapa hiu suka menyerang manusia. Apa sajakah itu?

Salah mengenali mangsa

Ikan hiu bisa menyerang manusia karena salah mengenali mangsanya. Ketika sedang berada di air, gerakan manusia yang sedang berenang dapat disalahartikan sebagai ikan umpan yang akan dimangsa.

Oleh karena salah mengenali mangsanya, ikan hiu akan langsung menyerang secara tiba-tiba dari arah bawah. Sehingga menghasilkan gigitan dahsyat dan mematikan. Gigitan ini bisa mengakibatkan manusia dan mangsanya kehabisan darah ketika digigit gigi tajam ikan hiu.

Para peneliti mengungkapkan jika dalam beberapa kasus, great white shark yang masih remaja juga berpotensi melakukan serangan terhadap manusia. Karena untuk melatih kemampuan predator atau berburu mereka, sama halnya seperti singa muda yang sedang berlatih berburu.

Sistem mekanosensorik

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), ikan hiu memiliki sistem mekanosensorik di dalam mulutnya yang bisa membantu ikan ini menganalisis nilai mangsanya. Sistem ini membantu hiu mempelajari lebih jauh tentang gigitan terhadap mangsanya.

Baca juga: Fakta Unik Death Valley, Tempat Terpanas di Bumi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X