Kompas.com - 08/05/2021, 12:01 WIB
Pulau Hashima yang dijuluki Gunkanjima alias Battleship Island di Nagasaki, Jepang. SHUTTERSTOCK/MOTIVE56Pulau Hashima yang dijuluki Gunkanjima alias Battleship Island di Nagasaki, Jepang.

KOMPAS.com - Bangunan terbengkalai yang sudah lama ditinggalkan manusia memberikan kesan horor yang menakutkan dan bisa membangkitkan adrenalin orang yang mengunjunginya.

Setiap kota di biasanya memiliki bangunan terbengkalai dan kawasan horornya sendiri. Namun bagaimana jika yang terbengkalai adalah keseluruhan dari kota? Berikut adalah 5 kota hantu yang ditinggalkan oleh penduduknya:

  • Pulau Hashima, Jepang

Pulau Hashima Jepang adalah wilayah pemegang pasokan batu bara di Jepang menjadi kunci pemegang majunya industri Jepang pada saat itu.

Dilansir dari History, pada tahun 1950-an Pulau Hashima yang hanya seluas 16 hektar dihuni oleh 5.200 penduduk yang membuatnya terlalu sempit untuk ditinggali.

Dinilai terlalu sempit, tambang batu bara di Pulau Hashima ditutup dan mengakibatkan 5.200 penduduknya meninggalkan pulau tersebut. Kini pulau tersebut kosong menyisakan bangunan tinggi yang hampir roboh.

Baca juga: Seberapa Panas Suam-Suam Kuku?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah Jepang bahkan hanya memperbolehkan turis asing mengunjungi beberapa bagian dari pulau tersebut untuk menghindari bahaya reruntuhan bangunan-bangunan yang terbengkalai.

  • Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.PIXABAY / ????? ?????? Chernobyl - Kota Pripyat yang termasuk dalam Chernobyl Exclusion Zone, Ukraina.
    Pripyat, Ukraina

Ingatkah kamu dengan ledakan fasilitas nuklir Chernobyl pada dini hari tanggal 26 April 1986? Pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl milik Uni Soviet terletak di Ukraina, tepatnya Kota Pripyat.

Ledakan tersebut mengakibatkan kehancuran dahsyat dan radiasi berbahaya ke seluruh kota. Chernobyl kemudian ditutup hingga radius 18 mil sekitarnya, meninggalkan Kota Pripyat sebagai kota hantu selama lebih dari 3 dekade.

Tingkat radiasi Chernobyl masih tinggi sehingga Pripyat mungkin akan tetap menjadi kota hantu untuk satu abad ke depan.

  • Bodie, Californiapixels.com/ Dan Carmichael Bodie, California
    Bodie, California

California adalah salah satu kota besar di Amerika Serikat. Orang mungkin tidak akan menyangka jika ada satu kota hantu terbengkalai bernama Bodie.

Baca juga: Kenapa Pria Tidak Bisa Membedakan Warna Lipstik?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X