Kompas.com - 16/03/2021, 10:00 WIB
Beksan Lawung Ageng Keraton Yogyakarta warisanbudaya.kemdikbud.go.idBeksan Lawung Ageng Keraton Yogyakarta

KOMPAS.com - Beksan Lawung Ageng atau tari Lawung Ageng sebuah tarian yang diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana I.

Beksan Lawung Ageng menjadi salah satu tarian pusaka Keraton Yogyakarta dan merujuk pada bentuk ritual kenegaraan.

Dilansir dari situs resmi Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Beksan Lawung Ageng menggambarkan adu ketangkasan prajurit bertombak.

Hal tersebut terinspirasi dari perlombaan Watangan yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Dalam perlombaan tersebut, seorang prajurit akan berkuda sembari membawa tombak berujung tumpul disebut lawung.

Lawung ini digunakan untuk menyerang dan menjatuhkan lawan. Perlombaan ini sering dilakukan di Alun Alun Utara dengan iringan gamelan Kiai Guntur Laut.

Baca juga: Tari Manduda, Menceritakan Kehidupan Petani di Sumatera Utara

Dalam tari Lawung Ageng ini menggambarkan bagaimana prajurit-prajurit keraton berlatih perang dan adu ketangkasan menggunakan tombak.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gerakan-gerakan yang diberikan bernuansa heroik, patriotik, dan maskulin. Tak hanya sekadar menyajikan sebuah tarian, Beksan Lawung Ageng juga memberikan dialog dengan bahasa Jawa, Melayu, dan Madura.

Sampai saat ini Beksan Lawung Ageng menjadi tarian khusus, bagian dari upacara kenegaraan. Beksan Lawung Ageng biasa dipentaskandalam perayaan pernikahan agung putra-pitri Sultan di Kepatihan.

Para penari akan ikut serta dalam kirab pengantin dan keraton menuju Kepatihan. Mereka akan mengendarai kuda yang dikawal oleh Bregada Wirabraja dan diiringi gamelan Kiai Guntur Sari.

Pada masa lalu, Sultan tidak menghadiri pesta pernikahan putra-putrinya di Bangsal Kepatihan. Sebagai gantinya, Sultan menggelar Beksan Lawung Ageng yang setara kehadirannya dengan Sultan.

Baca juga: Tari Serampang Dua Belas, Mengisahkan Cinta Pandangan Pertama

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X