Kompas.com - 02/03/2021, 20:36 WIB
Ilustrasi laut PexelsIlustrasi laut

KOMPAS.com - Gerakan air laut tidak selalu sama, kadang bisa horizontal, vertikal atau gabungan keduanya. Hal ini bisa terjadi karena ada faktor yang mempengaruhinya.

Gerakan air laut merupakan pergerakan atau perpindahan massa air dari satu tempat ke tempat lainnya. Pergerakan air ini sering terjadi dan sudah menjadi hal yang wajar.

Jenis gerakan air laut

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), gerakan air laut bisa berupa gelombang atau arus laut.

  • Gelombang air laut

Pergerakan air laut ini disebabkan oleh angin, baik angin sepoi-sepoi ataupun angin badai. Selain disebabkan oleh angin, gelombang air laut juga bisa muncul karena adanya gempa di dasar laut.

Jika kekuatan gempanya dahsyat maka bisa menimbulkan tsunami. Contohnya tsunami di Aceh pada 2004 dan tsunami di Pangandaran, Jawa Barat pada 2006.

Letusan gunung api bawah laut juga bisa menimbulkan gelombang air laut. Contohnya saat Gunung Krakatau meletus pada 1883.

Baca juga: Arus Laut: Definisi dan Faktornya

  • Arus laut

Arus laut merupakan gerakan air laut yang memiliki peralihan tetap atau tidak tetap. Umumnya disebabkan oleh angin, kadar garam air laut yang berbeda, perbedaan suhu, pasang atau surutnya air laut, serta arus kompensasi atau arus pengisi.

Untuk lebih mudah mengidentifikasinya, nama arus laut diberikan sesuai dengan gerakan arus tersebut. Contohnya arus timur artinya arus bergerak ke arah timur, dan lain sebagainya.

Faktor penyebab gerakan air laut

Menurut Dwi Iriyanto, dkk dalam buku Yes! Aku Lulus UN SMA/MA IPS (2015), gerakan air laut dipengaruhi oleh empat hal, yaitu:

  • Angin

Gerakan angin sangat berpengaruh pada gerakan air laut. Contohnya angin badai. Hembusan angin yang terjadi tiap tahun tentunya akan menimbulkan gerakan air laut berupa gelombang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X