Kompas.com - 02/03/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi surat Thinkstockphotos.comIlustrasi surat

KOMPAS.com - Dalam pembuatan surat resmi maupun pribadi, penulisan tempat dan tanggal menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan.

Surat merupakan salah satu media komunikasi antar dua pihak atau lebih yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian, bertujuan untuk memberikan suatu informasi.

Jenis dan bagian surat

Menurut Seni Handiyani dan Wildan dalam buku Persiapan Ujian Nasional Bahasa Indonesia (2008), ada tiga jenis surat, yakni:

  1. Surat pribadi
    Surat yang dikirimkan secara personal atau perseorangan dan isinya bersifat pribadi. Contohnya surat persahabatan dan surat pribadi yang bersifat resmi, misalnya surat lamaran kerja.
  2. Surat dinas
    Surat yang dikirimkan dari satu orang ke orang lain atau dari satu lembaga ke lembaga lainnya. Isinya berkaitan dengan kepentingan dinas.
  3. Surat niaga
    Surat yang dikirimkan oleh satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Surat ini biasanya digunakan dalam bidang bisnis atau perdagangan. Contohnya surat penawaran produk.

Baca juga: Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat, Guru, Orang Tua, dan Teman Sekelas

Dalam setiap surat, baik resmi maupun pribadi, ada komponen atau bagian penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Tempat dan tanggal surat dibuat.
    Untuk surat dinas, niaga atau surat resmi lainnya harus diberikan kop dan nomor surat, nomor lampiran dan pokok isi surat. Sedangkan surat pribadi hanya perlu menuliskan tempat dan tanggal.
  2. Salam pembuka dan salam penutup
    Salam pembuka bisa diawali dengan ucapan menanyakan kabar (untuk surat pribadi) atau perkenalan (untuk surat resmi). Sedangkan salam penutup biasanya berisikan harapan serta ucapan terima kasih.
  3. Isi surat
    Informasi yang ingin disampaikan bisa ditulis pada bagian isi surat. Tentunya antara surat pribadi dan surat resmi memiliki perbedaan kosa kata dalam penyampaiannya.

Penulisan tempat dan tanggal

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), penulisan tempat dan tanggal dalam surat, diawali dengan menyebutkan lokasi atau tempat penulisannya.

Setelah itu, penulisan tanggal disesuaikan dengan waktu pembuatan surat. Penulisannya diawali dengan tanggal, bulan dan tahun.

Letak penulisan tempat dan tanggal dalam surat pribadi ataupun resmi, sama-sama berada di bagian atas pojok kanan. Untuk surat resmi, posisi penulisan tempat dan tanggal berada di bawah kop surat.

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita simak beberapa contoh di bawah ini.

Baca juga: Surat Undangan: Pengertian dan Jenisnya

Contoh 1:

Kota Semarang, 27 Juni 2020

Halaman:

Sumber Kemdikbud
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X