Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 22/04/2022, 19:06 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Patung merupakan salah satu contoh karya seni murni. Patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi atau volume, yang memungkinkan orang untuk menikmatinya dari berbagai arah.

Awalnya pembuatan patung hanya dilakukan dengan meniru bentuk manusia atau binatang. Namun, seiring berjalannya waktu patung juga dibuat dalam berbagai bentuk.

Menurut Elyandra Widharta dalam buku Pengetahuan Seni Rupa Indonesia (Edisi Revisi) (2018), pada umumnya patung terbuat dari hasil pahatan dengan objek tertentu sebagai medianya, seperti batu, kayu, ataupun logam.

Umumnya, patung dibuat untuk menampilkan sisi keindahan serta memuaskan batin penikmatnya. Dalam proses pembuatan patung, diperlukan ketelitian dan jiwa seni yang kuat.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), patung berdasarkan fungsinya dapat dibedakan menjadi enam jenis, yakni:

Patung religi atau patung keagamaan

Patung ini digunakan sebagai sarana peribadatan ataupun pemujaan dalam acara keagamaan tertentu. Patung ini memiliki makna religius bagi masyarakat.

Ditinjau dari fungsinya, patung yang dibuat untuk keperluan peribadatan mempunyai manfaat sakral.

Patung religi mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya Patung Buddha Tidur di Mojokerto serta Patung Bunda Maria Assumpta di Ambarawa.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Jenis Patung

Patung arsitektur

Patung ini sangat kental dengan nilai keindahannya. Patung arsitektur biasanya digunakan sebagai penunjang konstruksi bangunan.

Patung arsitektur bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya patung yang ada dalam komplek Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Patung monumental

Jenis patung yang dibuat dengan tujuan untuk memperingati peristiwa bersejarah dinamakan patung monumen.

Patung ini digunakan sebagai sarana untuk mengenang kejadian bersejarah ataupun tokoh yang berjasa. Patung monumental dapat ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia.

Contoh patung monumental ialah patung Ki Hadjar Dewantara di Yogyakarta serta patung Jenderal Sudirman di Jakarta.

Patung kerajinan 

Patung ini merupakan salah satu hasil kerajinan. Salah satu tujuan pembuatannya ialah memuaskan hati konsumen dan untuk diperjual belikan.

Contoh patung kerajinan ialah patung binatang dan sejenisnya yang bisa dengan mudah ditemui di berbagai daerah.

Patung dekorasi atau hiasan

Patung ini digunakan untuk mempercantik atau memperindah ruangan, baik interior (dalam ruangan) maupun eksterior (luar ruangan). Patung dekorasi bisa dalam bentuk binatang atau manusia, sesuai dengan keinginan peminatnya.

Patung dekorasi berbeda dengan patung arsitektur, karena patung dekorasi biasanya tidak menjadi satu kesatuan dengan konstruksi bangunan. Sedangkan pembuatan patung arsitektur biasanya dibuat bersamaan dengan konstruksi bangunannya.

Patung seni

Patung ini merupakan bentuk karya seni yang dihasilkan dari imajinasi pembuatnya. Maka dari itu, bentuk patungnya disesuaikan dengan apa yang diinginkan pembuatnya. Biasanya, kita bisa menemukan patung ini di pameran seni dalam bentuk instalasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com