Kompas.com - 25/02/2021, 12:43 WIB
BTS tampil di acara MTV Unplugged, Selasa (23/2/2021). Mereka membawakan lima lagu, salah satunya adalah Fix You milik Coldplay. SoompiBTS tampil di acara MTV Unplugged, Selasa (23/2/2021). Mereka membawakan lima lagu, salah satunya adalah Fix You milik Coldplay.

KOMPAS.com - Kritik musik diperlukan untuk mengembangkan sebuah karya musik ke arah yang lebih baik. Dalam penyampaiannya, kritik musik bisa dilakukan secara lisan maupun tertulis.

Kritik musik yang disampaikan secara lisan biasanya akan disampaikan secara langsung maupun tidak ke pihak pencipta musik dan atau penyaji (penyanyi) musiknya.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), cara penyampaian kritik musik secara tertulis harus memuat lima hal berikut, yakni:

  1. Pendahuluan
    Berisikan identitas musik yang akan dikritisi. Contohnya nama pencipta lagunya dan hal lainnya yang berkaitan dengan musik tersebut.
  2. Deskripsi
    Berisikan penyajian fakta dari musik yang akan dikritisi. Penyajian fakta ini dihadirkan dalam bentuk pernyataan elemen dan warna musik, serta faktor pendukung lainnya.
  3. Analisis
    Berisikan uraian atau penjelasan dari hal-hal penting, yakni nada, melodi, ritme, harmoni, dinamika musik dan lain sebagainya. Pada tahap ini akan dinyatakan juga kualitas atau mutu dari musik tersebut.
  4. Intepretasi
    Berisikan tingkat pencapaian nilai artistik dalam sebuah penyajian musik. Perbandingan terhadap sebuah karya musik sejenis juga turut menjadi hal yang diperhatikan dalam intepretasi.
  5. Evaluasi
    Berisikan pernyataan mengenai kebaikan atau kekurangan dalam sebuah karya musik. Hal ini disampaikan secara objektif berdasarkan data dari deskripsi dan analisis yang turut didukung dengan hasil intepretasi.

Agar lebih mudah memahaminya. Mari kita lihat dua contoh di bawah ini.

Baca juga: Kritik Musik: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Penulisannya

Contoh 1

Pendahuluan: 

Judul: Dynamite
Nama penyanyi: BTS 
Penulis lagu: David Stewart dan Jessica Agombar
Durasi music video: 03:43
Tahun rilis: 21 Agustus 2020

Deskripsi:

Dynamite oleh BTS dirilis pada 21 Agustus 2020. Dynamite merupakan salah satu lagu dari album BTS terbaru, yakni BE. Tujuan dari pembuatan lagu Dynamite adalah untuk memberi semangat positif bagi para pendengarnya, terlebih di saat pandemi Covid-19 melanda dunia.

BTS membawakan Dynamite dengan menggunakan Bahasa Inggris. Suasana yang ditampilkan dalam music video-nya terkesan sangat ceria dan menarik untuk dilihat Hal ini tergambar dari latar tempat dan suasananya.

Music video Dynamite menampilkan ketujuh personel BTS yang sedang menyanyi sambil menari dengan ekspresi yang ceria. Lagu Dynamite oleh BTS masuk dalam nominasi Grammy untuk Penampilan Duo/Group Pop terbaik.

Halaman:

Sumber Kemdikbud
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X