Teknik Dasar Menyulam

Kompas.com - 25/01/2021, 18:09 WIB
Suasana workshop menyulam bersama The Little Things She Needs di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (31/8/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraSuasana workshop menyulam bersama The Little Things She Needs di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

KOMPAS.com - Menyulam merupakan teknik bordir menggunakan benang dan kemudian akan dijahit pada kain.

Seni menyulam dalam Bahasa Inggris disebut sebagai embroidery. Dalam Merriam-Webster dituliskan jika embroidery merupakan seni pembuatan desain dekoratif yang menggunakan sulaman manual dengan tangan atau sulaman dengan mesin.

Seni menyulam memiliki beberapa teknik yang bisa digunakan dalam membuat kerajinan tekstil. Apa sajakah itu?

Menurut Novi Winda Astari dalam Buku Brokat Gaya Menawan (2015), ada empat teknik menyulam, yaitu tusuk jelujur, tusuk tikam jejak, teknik tusuk silang serta teknik tusuk roll.

Teknik tusuk jelujur 

Teknik tusuk jelujur Teknik tusuk jelujur

Teknik ini merupakan salah satu teknik dasar menjahit dan menyulam yang paling dasar. Fungsi utama dari penggunaan teknik ini adalah menyatukan kedua kain menjadi satu.

Secara garis besar, teknik ini dilakukan dengan menusukkan jarum yang sudah diberi benang ke arah dalam, lalu jarum dan benar ditarik keluar.

Baca juga: Teknik-Teknik Menyulam

Teknik tusuk jelujur dibagi menjadi tiga jenis, tergantung pada jenis jahitan yang diinginkan, yaitu:

  1. Tusuk jelujur biasa
    Teknik ini sering digunakan dalam proses penjahitan dan penyulaman. Jarak antar jahitan tidak beraturan, kadang rapat, kadang pula renggang.
  2. Tusuk jelujur teratur
    Teknik ini juga sering digunakan dalam proses penjahitan dan penyulaman. Jarak antar jahitan benang bersifat teratur. Pada umumnya, jenis teknik ini digunakan untuk jenis jahitan yang bersifat sementara.
  3. Tusuk jelujur renggang
    Teknik ini sering digunakan pula dalam proses penjahitan dan penyulaman. Jarak antar jahitan benangnya dibuat berjarak. Pada umumnya, jenis jahitan ini akan digunakan pada saat menjahit pakaian, berfungsi sebagai penanda. Setelah pakaian dijahit dengan mesin jahit, benang jelujur akan dilepas.

Teknik tusuk tikam jejak

Teknik tusuk tikam jejak Teknik tusuk tikam jejak

Teknik ini merupakan salah satu dasar teknik menjahit dan menyulam yang paling dasar. Fungsi dari teknik ini adalah untuk membuat hasil jahitan tangan seperti jahitan mesin.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X