Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formasi Permainan Bola Basket

Kompas.com - 30/12/2020, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Ari Welianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Permainan basket tergolong dalam olahraga bola besar. Permainan ini cukup digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam permainan bola basket, seorang pebasket haruslah menguasai teknik dasar permainan ini. Tidak hanya itu, strategi juga dibutuhkan saat bermain basket.

Salah satu strategi yang dibutuhkan adalah pengaturan formasi pemain. Hal ini sangat penting dan berpengaruh pada performa pemain.

Permainan basket membutuhkan formasi pemain yang sesuai. Apa saja formasi pemain dalam permainan basket?

Berikut formasi dalam permainan bola basket:

Baca juga: Permainan Bola Basket

  • Formasi 2-3

Formasi pertama adalah formasi 2-3. Dikutip dari situs Rookie Road, formasi ini paling sering digunakan oleh tim basket.

Ada dua pemain berada di elbows area, sedangkan tiga pemain lainnya berada di belakang dua pemain tersebut.

Posisinya adalah satu pemain berada di paint area, sedangkan dua pemain lainnya berada di samping paint.

Formasi ini sangat efektif untuk digunakan karena pemain masih leluasa dalam mengontrol bola dan menjaga area sendiri dari serangan lawan.

  • Formasi 3-2

Formasi kedua adalah 3-2. Dilansir dari situs Rookie Road, formasi ini mirip seperti formasi sebelumnya. Hanya saja posisi pemainnya agak sedikit berbeda.

Baca juga: Peraturan Permainan Bola Basket

Ada tiga pemain bertahan yang berada di three point line serta dua pemain bertahan yang berada di posisi paint area.

Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

  • Formasi 1-3-1

Formasi ketiga adalah 1-3-1. Dikutip dari situs Rookie Road, formasi ini membutuhkan penguasaan teknik yang baik dalam bermain basket.

Ada tiga pemain bertahan yang berada di three point line, satu pemain berada di paint area, sedangkan satu pemain lainnya berada di dekat midcourt line.

Formasi ini semuanya efektif dan bisa digunakan. Asalkan diikuti dengan strategi yang baik. Pilihlah pemain yang mumpuni dan baik sesuai dengan perannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com