Kompas.com - 30/12/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi strategi bertahan pada permainan bola basket kemdikbudIlustrasi strategi bertahan pada permainan bola basket

KOMPAS.com - Permainan basket tergolong dalam olahraga bola besar. Permainan ini cukup digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Dalam permainan bola basket, seorang pebasket haruslah menguasai teknik dasar permainan ini. Tidak hanya itu, strategi juga dibutuhkan saat bermain basket.

Salah satu strategi yang dibutuhkan adalah pengaturan formasi pemain. Hal ini sangat penting dan berpengaruh pada performa pemain.

Permainan basket membutuhkan formasi pemain yang sesuai. Apa saja formasi pemain dalam permainan basket?

Berikut formasi dalam permainan bola basket:

Baca juga: Permainan Bola Basket

  • Formasi 2-3

Formasi pertama adalah formasi 2-3. Dikutip dari situs Rookie Road, formasi ini paling sering digunakan oleh tim basket.

Ada dua pemain berada di elbows area, sedangkan tiga pemain lainnya berada di belakang dua pemain tersebut.

Posisinya adalah satu pemain berada di paint area, sedangkan dua pemain lainnya berada di samping paint.

Formasi ini sangat efektif untuk digunakan karena pemain masih leluasa dalam mengontrol bola dan menjaga area sendiri dari serangan lawan.

  • Formasi 3-2

Formasi kedua adalah 3-2. Dilansir dari situs Rookie Road, formasi ini mirip seperti formasi sebelumnya. Hanya saja posisi pemainnya agak sedikit berbeda.

Baca juga: Peraturan Permainan Bola Basket

Ada tiga pemain bertahan yang berada di three point line serta dua pemain bertahan yang berada di posisi paint area.

Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

  • Formasi 1-3-1

Formasi ketiga adalah 1-3-1. Dikutip dari situs Rookie Road, formasi ini membutuhkan penguasaan teknik yang baik dalam bermain basket.

Ada tiga pemain bertahan yang berada di three point line, satu pemain berada di paint area, sedangkan satu pemain lainnya berada di dekat midcourt line.

Formasi ini semuanya efektif dan bisa digunakan. Asalkan diikuti dengan strategi yang baik. Pilihlah pemain yang mumpuni dan baik sesuai dengan perannya.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X