Kompas.com - 30/12/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi strategi menyerang pada permainan sepak bola kemdikbudIlustrasi strategi menyerang pada permainan sepak bola

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan salah satu permainan bola besar. Tujuan utama dari permainan ini adalah mencetak gol sebanyak mungkin serta memenangkan pertandingan.

Penguasaan teknik dasar tentunya sudah menjadi keharusan saat bermain sepak bola. Begitu pula dengan pengetahuan soal peraturan permainan sepak bola.

Namun, para pemain juga harus mencari tahu dan menggunakan strategi yang tepat agar bisa memenangkan pertandingan.

Penggunaan strategi dalam permainan sepak bola bisa dimulai dari penentuan formasi. Seperti yang kita ketahui, formasi pemain sangat penting dalam sepak bola.

Permainan sepak bola memiliki formasi permainan yang dapat digunakan. Tahukah kamu formasi apa saja yang digunakan dalam permainan sepak bola?

Baca juga: Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Berikut formasi dalam permainan sepak bola:

  • Formasi 4-3-3

Formasi pertama adalah 4-3-3. Mengutip dari situs Youth1.com, formasi ini sangat cocok bagi tim yang ingin berfokus pada mencetak gol.

Formasi ini terdiri atas empat bek, tiga gelandang tengah, dua pemain sayap serta satu penyerang. Formasi ini sering digunakan oleh klub sepak bola Real Madrid serta Barcelona.

  • Formasi 3-5-2

Formasi kedua adalah 3-5-2. Dilansir dari situs Youth1.com, formasi ini membentuk pertahanan yang sangat kokoh, namun juga bisa menjadi teknik serangan yang kuat.

Kunci kesuksesan penerapan formasi ini adalah pada striker serta pemain yang bisa berperan ganda. Formasi ini sering digunakan oleh klub sepak bola Juventus.

Baca juga: Gerakan Dasar Permainan Sepak Bola

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X