Permainan Bola Basket

Kompas.com - 27/05/2020, 12:48 WIB
Scorpio berhasil memenangi derby Jakarta, setelah dalam laga terakhir Srikandi Cup 2020 Seri 2, Selasa (18/2/2020) mengalahkan Tanago Friesian 60-46 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta. 
Liga Basket Putri Srikandi Cup Scorpio berhasil memenangi derby Jakarta, setelah dalam laga terakhir Srikandi Cup 2020 Seri 2, Selasa (18/2/2020) mengalahkan Tanago Friesian 60-46 di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

KOMPAS.com - Permainan bola basket dimainkan dengan dua regu, baik putra maupun putri. Di mana masing-masing regu terdiri dari lima orang pemain.

Olahraga bola basket betujuan untuk mencari nilai atau angka sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke basket lawan, serta mencegah lawan mendapatkan nilai di basket sendiri.

Dalam buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019) karya Sendang Widiastuti, permainan bola basket berupa mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melempar atau menggiring bola dalam lapangan permainan.

Gerakan yang baik dalam olahraga bola basket menimbulkan efisiensi kerja dan berkat pembelajaran yang teratur mendapatkan efektivitas yang baik.

Asal mula bola basket

Permainan bola basket diciptakan oleh Dr. James A Naismith pada 1891. Dirinya didorong untuk menciptakan permainan baru yang dapat dimainkan di dalam gedung, mudah dimainkan, dipelajari, dan menarik.

Awalnya Dr. Naismith menggunakan keranjang sebagai sasaran, sehingga dinamakan basket ball. Pada 1924 permainan bola basket diperkenalkan di Olimpiade Perancis.

Baca juga: Permainan Bola Voli

Pada tanggal 21 Juni 1932, direktur sekolah olahraga di Jeneva mengadakan koferensi bola basket.

Dalam koverensi tersebut, Federasi Bola Basket Internasional yang kemudian diberi nama Federation Internationale de Basketball Amateur (FIBA).

Untuk pertama kalinya pada tahun 1936, bola basket dipertandingkan dalam Olimpiade di Jerman dan diikuti 21 negara.

Setelah Perang Dunia II, permainan bola basket masuk ke Indonesia yang dibawa oleh perantau dari China.

Pada PON I di Surakarta, bola basket telah masuk dalam acara pertandingan. Tanggal 23 Oktober 1951 berdirilah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI).

Tahun 1953 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Kini kepanjangan PERBASI menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Baca juga: Gerak Bermain Bola Voli

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X