Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permainan Bola Basket

Kompas.com - Diperbarui 18/01/2022, 11:36 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com -Olahraga bola basket yaitu mendorong bola, memukul bola dengan telapak tangan terbuka, melempar atau menggiring bola dalamlapangan permainan. 

Dalam buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019) karya Sendang Widiastuti, tujuan olahraga adalah mencari nilai sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke basket lawan. Selain itu juga untuk mempelajari cara bagaimana mencegah lawan mendapatkan nilai di basket sendiri. 

Permainan boal basket dimainkan oleh dua regi, baik untuk putra atau putri, Masing-masing regu terdiri dari lima orang pemain. 

Asal mula bola basket

Asal mula bola basket dibawa oleh Dr. James A Naismith pada 1891. Dirinya beranggapan bahwa permainan ini dapat dimainkan dalam gedung dan mudah dipelajari. Mengapa dinamai bola basket? Hal ini karena Naismith menggunakan keranjang sebagai sasaran lemparan bolanya. 

Kemudian pada 1924, permainan bola basket dikenalkan pada ajang Olimpiade Perancis. Tak berhenti dari situ, pada tanggal 21 Juni 1932 diadakan koferensi bola basket oleh direktur sekolah olahraga di Jeneva. 

Baca juga: Gerakan Rebound dalam Permainan Basket

Dalam koverensi tersebut, Federasi Bola Basket Internasional yang kemudian diberi nama Federation Internationale de Basketball Amateur (FIBA).

Untuk pertama kalinya pada tahun 1936, bola basket dipertandingkan dalam Olimpiade di Jerman dan diikuti 21 negara.

Setelah Perang Dunia II, permainan bola basket masuk ke Indonesia yang dibawa oleh perantau dari China.

Pada PON I di Surakarta, bola basket telah masuk dalam acara pertandingan. Tanggal 23 Oktober 1951 berdirilah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI).

Tahun 1953 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Kini kepanjangan PERBASI menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Lapangan bola basketkemdikbud.go.id Lapangan bola basket

Lapangan permainan bola basket

Lapangan permainan bola basket Indonesia dan Internasional memiliki perbedaan panjang dan lebar. Berikut ukuran lapangan bola basket:

  • Lapangan bola basket internasional memiliki panjang 26 meter dan lebar 14 meter.
  • Lapangan bola basket nasional memiliki panjang 28 meter dan lebar 15 meter.
  • Terdapat tiga lingakaran dalam lapangan bola basket dengan panjang jari-jari 1,8 meter. Baik internasional maupun nasional memiliki ukuran sama.
  • Lapangan basket standar nasional dan internasional memiliki garis tengah dengan ukuran panjang x lebar yaitu 1,8 meter x 0,05 meter.
  • Panjang garis akhir wilayah serang 6 meter dan garis tembakan hukuman 3,60 meter.
  • Untuk mendapatkan poin, terdapat dua lokasi yaitu three point dan two point.
  • Untuk ukuran papan pantul basket memiliki ukuran atau jarak, yaitu 1,8 meter x 1,2 meter dan bagian dalam 0,59 meter x 0,45 meter.
  • Jarak papan pantul ke lantai yaitu 2,75 meter, sementara jarak antara papan pantul bawah ke ring basket adalah 0,3 meter.
  • Ring basket memiliki ukuran diameter 0,40 meter dengan jarak riang penyangga ring sampai garis akhir yaitu 1 meter.

Baca juga: Formasi Permainan Bola Basket

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com