Kompas.com - 26/11/2020, 22:35 WIB

KOMPAS.com - Apakah anda sudah bisa menentukan nama senyawa alkana? Jika belum, berikut adalah pembahasan soal cara menentukan nama senyawa alkana:

  • Berikut adalah reaksi pembuatan suatu asam dari suku alkana:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Reaksi pembuatan asam

Nama senyawa pereaksi atau zat reaktan yang digunakan dan senyawa hasil reaksinya adalah…

a. Etana dan klorometana
b. Klorometana dan etana
c. Metena dan klorometana
d. Klorometana dan metana
e. Metana dan klorometana

Jawaban: C. Metana dan klorometana

  • Pertama-tama tentukan zat pereaksi yang merupakan senyawa homolog alkana. Ingatlah bahawa senyawa alkana selalu memiliki rumus umum:

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus umum senyawa homolog Alkana

Baca juga: Cara Menentukan Rumus Molekul dalam Senyawa

Dilihat dari bentuk rumus umumnya, berarti zat pereaksi yang berupa senyawa alkana adalah CH4. Nama CH4 dapat dilihat dari deret homolog alkana, karena hanya terdapat 1 karbon yang berikatan dengan atom hidrogen makan CH4 dinamai dengan metana.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Deret homolog Alkana

Tentukan zat hasil reaksi yang merupakan senyawa alkana. HCl bukanlah senyawa alkana, melainkan senyawa asam karena mengandung atom hidrogen juga senyawa biner karena terbentuk dari dua unsur yang berbeda.

Tatanaman senyawa asam selalu diawali dengan kata “asam” lalu diikuti nama anionnya. Anion HCl adalah Cl, menurup tatanama senyawa biner, harus ditulis nama unsur aslinya yaitu klorin ditambahkan akhiran –ida, sehingga menjadi klorida.

Baca juga: Rumus Kimia dan Tatanama Senyawa

 

Maka, nama dari senyawa HCl adalah asam klorida.

  • Tentukan nama dari zat hasil reaksi CH3Cl:

CH3Cl adalah senyawa haloalkana sehingga penamaannya harus ditulis “nama halogen + alkana”. Halogen CH3Cl adalah Cl atau klorin, namun harus ditulis dengan akhiran -o sehingga menjadi kloro.

Alkana pada CH3Cl adalah CH3, dinamai sesuai jumlah atom karbonnya. Jumlah atom karbonnya hanya satu, sehingga dinamai menjadi metana. Jadi, senyawa halo alkana CH3Cl dinamai dengan klorometana.

(Sumber: Kompas.com/[Silmi Nurul Utami], | Editor: [Rigel Raimarda]) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber kompas.com

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.