Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengolahan Data dalam Penelitian Sosial

Kompas.com - 05/11/2020, 17:21 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain pengumpulan data, langkah penting yang tidak bisa dilewatkan dalam penelitian sosial adalah pengolahan data.

Pengolahan data merupakan proses analisis dan penyajian data menjadi informasi yang akurat. Proses pengolahan data antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif berbeda. Berikut penjelasannya:

Proses pengolahan data dalam penelitian kuantitatif

Dahulu proses pengolahan data dalam penelitian kuantitatif dilakukan secara manual. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus statistika.

Namun, seiring berkembangnya zaman, proses pengolahan data dalam penelitian kuantitatif dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak. Contoh perangkat lunak yang digunakan untuk pengolahan data kuantitatif adalah SPSS.

Dilansir dari buku Metode Penelitian Sosial (2012) karya Ulber Silalahi, dijelaskan bahwa ada tiga tahap dalam pengolahan data kuantitatif, yaitu:

Baca juga: Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Sosial

  • Tahap pemeriksaan data (editing)

Tahap ini memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan data guna melanjutkan analisis data pada tahap selanjutnya. Pemeriksaan data dilakukan untuk mengecek jawaban responden yang terdapat pada kuisioner.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam tahap ini yaitu kejelasan tulisan, kelengkapan jawaban, kejelasan makna jawaban, konsistensi antar jawaban, relevansi jawaban, dan keseragaman data.

  • Tahap pembuatan kode (coding)

Proses pembuatan kode dilakukan berdasarkan item pertanyaan pada kuisioner. Pembuatan kode memiliki tujuan untuk menyederhanakan data dengan cara memberikan simbol atau huruf pada setiap jawaban.

Selain itu, pembuatan kode juga memperlihatkan proses klasifikasi jawaban responden berdasarkan jenis data penelitian yang telah terkumpul.

Manfaat tahap ini adalah memudahkan peneliti dalam proses analisis data dan memudahkan penyimpanan data dalam jumlah yang besar.

Baca juga: Jenis-Jenis Penelitian Sosial

  • Tahap memasukkan data (tabulating)

Tahap memasukkan data atau tabulasi merupakan proses memasukkan data yang sudah dikelompokkan ke dalam tabel-tabel. Melalui tahap ini, data lapangan terlihat menjadi lebih ringkas dan bisa dibaca dengan mudah.

Dalam proses tabulasi ini, analisis dapat dilakukan dengan cara mencari jumlah skor, nilai rerata, median, dan modus.

Proses pengolahan data dalam penelitian kualitatif

Berbeda dengan penelitian kuantitatif, peneliti dalam proses pengolahan data kualitatif dituntut untuk memiliki kemampuan mengorganisasikan data secara lengkap dan mengungkapkan dalam kalimat yang konsisten serta sistematis.

Dalam buku Merancang dan Melakukan Penelitian Sosial (2019) karya Sri Muhammad Kusumantoro, dijelaskan bahwa ada empat tahap dalam proses pengolahan data kualitatif, yaitu:

  • Pengumpulan data

Pada tahap pengumpulan data, peneliti mengumpulkan seluruh data yang telah diperoleh dari wawancara dan observasi.

Baca juga: Obyek Penelitian dan Langkah-Langkah Menyusun Penelitian Sosial

  • Reduksi data

Tahap reduksi data merupakan proses penyederhanaan dan pengkategorian data. Dalam tahap ini, peneliti mulai melakukan refleksi untuk menentukan kategorisasi berdasarkan rumusan masalah yang telah dibuat.

  • Display data

Pada tahap display data, hasil reduksi dan kategorisasi disajikan dalam matriks berdasarkan kriteria tertentu. Data- data yang telah dikelompokkan kemudian dimasukkan berdasarkan kategori yang sesuai untuk mempermudah proses analisis.

  • Penarikan kesimpulan

Jika hasil display data memperlihatkan bahwa data yang diperoleh telah cukup dan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan. Maka penarikan kesimpulan dapat dilakukan dengan menggunakan teori dan hasil data di lapangan.

Baca juga: Penelitian Sosial: Definisi dan Ciri-Ciri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com