Kompas.com - 04/11/2020, 13:47 WIB
Kota Warsawa, Polandia yang hancur lebur akibat Perang Dunia II. WikipediaKota Warsawa, Polandia yang hancur lebur akibat Perang Dunia II.

KOMPAS.com - Perang Dingin dipicu dari sikap Amerika Serikat dan Uni Soviet menjelang berakhirnya Perang Dunia II.

Uni Soviet membebaskan negara-negara Eropa Timur dari pendudukan Nazi Jerman dengan Tentara Merah. Namun, setelah membebaskan, Uni Soviet mulai memengaruhi negara-negara tersebut dengan paham komuismenya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015) langkah Uni Soviet direspons AS dan Inggris dengan membuat Blok Barat untuk menyaingi Uni Soviet dan Blok Timur-nya.

Perang Dingin yang berlangsung selama lebih dari 40 tahun menimbulkan dampak yang masif di dunia Internasional dalam segala aspek kehidupan. Berikut dampak Perang Dingin di berbagai bidang kehidupan:

Bidang ekonomi

Dampak Perang Dingin terhadap bidang ekonomi tidak hanya dirasakan oleh negara-negara yang bertikai, namun juga seluruh dunia internasional.

Baca juga: Upaya Meredakan Perang Dingin

 

Sistem ekonomi Liberal dan Kapitalis menyebar ke seluruh penjuru dunia dan diterapkan oleh negara- negara berkembang di kawasan Eropa Barat, Asia, Afrika dan Amerika.

Di sisi lain, sistem ekonomi sosialis–komunis juga diterapkan oleh negara-negara yang beraliansi dengan Blok Timur.

Amerika Serikat menjadi negara Superpower yang menjadi pemegang modal dan kreditur bagi negara-negara yang baru merdeka di kawasan Asia - Afrika.

Dalam jurnal Meninjau Kembali Konflik Perang Dingin: Liberalisme vs Komunisme (2008) karya Lilik Salamah, peminjaman modal dan program kredit ditujukan bagi negara-negara yang berpotensi untuk bekerja sama dan memihak Blok Barat.

Baca juga: Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin

 

Amerika Serikat memiliki 3 program utama terkait dengan pinjaman dan bantuan ekonomi pada masa Perang Dingin, yaitu :

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X