Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Kompas.com - 23/10/2020, 14:30 WIB
Penyerang Napoli Italia Lorenzo Insigne (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan gelandang Kroasia Barcelona Ivan Rakitic (tengah) dan gelandang Barcelona Chili Arturo Vidal (kanan) selama babak 16 besar Liga Champions UEFA pertandingan sepak bola leg pertama antara SSC Napoli dan FC Barcelona di Stadion San Paolo di Napoli pada 25 Februari 2020. AFP/CARLO HERMANNPenyerang Napoli Italia Lorenzo Insigne (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan gelandang Kroasia Barcelona Ivan Rakitic (tengah) dan gelandang Barcelona Chili Arturo Vidal (kanan) selama babak 16 besar Liga Champions UEFA pertandingan sepak bola leg pertama antara SSC Napoli dan FC Barcelona di Stadion San Paolo di Napoli pada 25 Februari 2020.

KOMPAS.com - Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh sebelas orang atau kesebelasan.

Tujuan dari permainan sepak bola adalah mempertahankan area sendiri dari serangan lawan serta mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Perlu taktik dan strategi yang mumpuni agar bisa mempertahankan area sendiri serta menyerang area lawan.

Dikutip dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, ada empat macam strategi permainan sepak bola, yakni menjaga pemain lawan, menjaga area sendiri, strategi menekan lawan serta menunda tekanan pada lawan.

Baca juga: Sejarah Terciptanya Permainan Sepak Bola

Berikut adalah penjelasannya:

  • Menjaga pemain lawan

Strategi ini dilakukan dengan sistem man marking atau 1 vs 1. Artinya tiap pemain memiliki tugas untuk mengawasi serta menjaga pemain lawan, agar serangan yang dilakukan bisa dihadang dan melakukan serangan balik.

Strategi ini memiliki keunggulan, yakni pembagian tugas antar pemain menjadi jelas serta pemain bisa lebih berkonsentrasi dengan membaca dan melihat teknik serangan lawan.

Walau memiliki kelebihan, teknik ini juga memiliki kekurangan yakni alur permainan sepak bola dikendalikan oleh tim lawan serta pertahanan akan rapuh jika pemain lawan unggul dalam man marking.

  • Menjaga area sendiri

Strategi ini juga dikenal dengan sebutan space covering atau zone marking. Artinya tiap pemain bertugas untuk menjaga pemain lawan yang sedang berada di areanya.

Baca juga: Apa Perbedaan Futsal dan Sepak Bola?

Strategi ini sangat efektif digunakan untuk membaca strategi serangan lawan serta pertahanan area sendiri juga lebih stabil sehingga tidak mudah "kebobolan".

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X