Kompas.com - 05/10/2020, 13:18 WIB
Ilustrasi speedometer sebagai salah satu alat ukur GLB dan GLBB Ilustrasi speedometer sebagai salah satu alat ukur GLB dan GLBB

KOMPAS.com - Dalam gerak, kita mengenal gerak lurus beraturan (GLB). Namun ada juga gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Tahukah kamu ada perbedaannya? Simak penjelasannya seperti dilansir dari situs Kemdikbud!

Gerak Lurus Beraturan

Gerak Lurus Beraturan (GLB) merupakan gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan yang konstan (tetap).

Pada kehidupan sehari-hari, gerak ini dapat kita temui pada gerak kereta api di lintasan lurus yang melaju dengan kecepatan konstan.

Karena GLB memiliki kecepatan yang konstan, maka tidak ada percepatan yang terjadi, atau percepatannya adalah sama dengan nol. Sehingga dapat ditulis sebagai berikut:

v = konstan
a = 0

Baca juga: Gerak Benda: Cara, Faktor, dan Kegunaannya

Grafik di bawah ini merupakan grafik kecepatan terhadap waktu pada GLB.

Risya Fauziyyah Gerak Lurus Beraturan

Persamaan GLB dapat dinyatakan dengan perubahan posisi (Δx) per satuan perubahan waktu (Δt). Secara matematis persamaan GLB ditulis sebagai berikut.

Rumus GLB

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X