Klasifikasi Bakteri

Kompas.com - 05/10/2020, 19:45 WIB
Ilustrasi bakteri, virus ShutterstockIlustrasi bakteri, virus

KOMPAS.com - Ada banyak bakteri yang hidup di bumi. Bakteri-bakteri ini diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok. Berikut klasifikasi bakteri:

Klasifikasi bakteri berdasarkan cara memperoleh makanannya

  • Bakteri Autotrof

Dikutip dari Makhluk-Makhluk Uniseluler (2020) Bakteri Autotrof atau bakteri fotosintetik merupakan bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri dari bahan-bahan anorganik dengan proses fotosintesis.

Fotosintesis bakteri menggunakan hidrogen sulfida seperti air dan pigmen hijau atau ungu seperti klorofil pada fotosintesis tumbuhan.

Proses tersebut mensintesis hidrogen sulfida dan elektron menjadi energi dan belerang. 

Baca juga: 4 Manfaat Bakteri Baik untuk Kesehatan Tubuh

  • Bakteri kemoautotrof

Bakteri kemoautotrof tidak memiliki pigmen klorofil sehingga tidak dapat memanfaatkan sinar Matahari untuk memperoleh makanan.

Sebagai gantinya bakteri kemoautotrof menggunakan reaksi gelap, yaitu mensintesis hidrogen sulfida dan oksigen menjadi karbohidrat, karbon dioksida, dan sulfur.

Proses oksidasi inilah yang membuat besi-besi berkarat, karena teroksidasi oleh proses metabolisme bakteri.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X