Cara Melestarikan Budaya Indonesia

Kompas.com - 23/09/2020, 13:00 WIB
Sejumlah gadis yang mengenakan baju adat tradisional Gorontalo. Busana ini penuh simbol yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat. KOMPAS.COM/ROSYID AZHARSejumlah gadis yang mengenakan baju adat tradisional Gorontalo. Busana ini penuh simbol yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat.

KOMPAS.com - Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Dengan banyaknya pulau, tentu mengakibatkan banyak suku bangsa yang ada di Indonesia.

Keanekaragaman suku bangsa ini menimbulkan banyak keragaman adat dan budaya. Meski berbeda suku dan budayanya, warga Indonesia mampu membawa perbedaan itu menjadi kekuatan bangsa.

Dalam buku Keindonesiaan dalam Budaya (2007) karya Edi Sedyawati, setiap daerah memiliki ciri khas dan istilah masing-masing dalam budayanya. Meski memiliki perbedaan istrilah, arti yang diungkapkan pasti sama.

Berbagai bentuk budaya daerah merupakan akar dari budaya nasional. Jika budaya daerah berkembang, maka budaya nasional juga turut berkembang. Keragaman tersebut mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Perbedaan dari masing-masing daerah wajib dihargai, baik di lingkungan tempat tinggal, masyarakat, dan sekolah. Terdapat beberapa sikap untuk menghargai budaya orang lain, yaitu:

  • Mau belajar budaya daerah lain
  • Melihat pertunjukkan atau pentas budaya daerah
  • Tidak menganggap budaya lain itu rendah dibandingkan budaya sendiri
  • Menghindari sikap kedaerahan

Baca juga: Apa Manfaat Wayang bagi Pengembangan Warisan Budaya?

Melestarikan budaya

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, kebudayaan memegang peran penting dalam majunya bangsa Indonesia.

Di tengah-tengah era peradaban dunia yang semakin ketat, menjadikan budaya sebagai salah satu investasi yang mampu membangun negara di masa depan.

Beberapa cara untuk melestarikan budaya, di antaranya:

  • Mengajarkan budaya ke orang lain

Setelah mengetahui seluk beluk budaya sendiri, sebaiknya menyampaikan hal tersebut kepada oranmg lain. Salah satu caranya adalah mengajarkan kepada orang lain, baik di lingkungan rumah atau sekolah.

Dengan mengajarkan budaya kita ke orang lain, maka semakin banyak orang yang mengetahui mengenai budaya daerah sendiri maupun budaya daerah lain. Sehingga memperkaya diri sendiri dan orang lain dengan pengetahuan kebudayaan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X