Kompas.com - 17/01/2022, 14:00 WIB

Oleh: Bonarod Lumbanraja, Guru UPTD SMPN 1 Lima Puluh, Batubara, Sumatera Utara 

 

KOMPAS.com - Pernahkah kamu memperhatikan perbedaan kondisi masyarakat tempat tinggalmu? Apakah ada perbedaan antara keadaan sekarang dan beberapa tahun yang lalu?

Tentunya lingkungan masyarakat selalu mengalami perbedaan dari waktu ke waktu. Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan alat-alat.

Dalam cara berpikir misalnya, masyarakat mengalami perubahan dari berpikir magis ke rasional. Manusia mulai menerima segala sesuatu secara obyektif dengan menggunakan pikiran yang rasional.

Selain itu terdapat perubahan dalam penggunaan alat dari tradisional ke alat yang lebih modern. Kingsley Davis dalam Teori Sosiologi tentang Perubahan Sosial (2014) mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan.

Perubahan kebudayaan masyarakat mencakup hal-hal seperti kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan filsafat.

Menurutnya, perubahan sosial berarti perubahan pada sistem sosial, struktur dan fungsi masyarakat.

Baca juga: Sikap dan Perilaku Menghadapi Perubahan Sosial Budaya

Apa saja yang termasuk perubahan pada sosial dan perubahan budaya?

Perubahan sosial misalnya perilaku remaja yang berubah, perubahan nilai dan norma dalam masyarakat, perubahan pada peran perempuan dan laki-laki, serta masih banyak perubahan lainnya.

Budaya dapat diartikan sebagi hasil cipta rasa karsa manusia. Hal-hal yang termasuk perubahan budaya di antaranya adalah perubahan pada alat transportasi, alat komunikasi serta perubahan pada bidang budaya lainnya. 

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.