Kompas.com - 22/08/2020, 19:12 WIB
Baju Adat Suku Tidung tribunnews.comBaju Adat Suku Tidung

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki begitu banyak suku dan budaya. Dari lagu daerah, tarian, rumah adat, hingga baju daerah yang beragam.

Salah satu yang menarik perhatian adalah baju daerah yang ada di uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Baju adat tersebut adalah baju adat Suku Tidung yang berada di wilayah Kalimantan Utara.

Dilansir dari Historia, Suku Tidung merupakan subsuku dari Suku Dayak Murut. Salah satu dari tujuh suku besar, yang tinggal di Kalimantan Utara.

Nama tidung diambil dari kata tiding atau tideng yang artinya gunung atau bukit. Namun, kebanyakan masyarakat Suku Tidung bermukim di wilayah pesisir dan menganut agama Islam.

Baca juga: Daftar Suku di Indonesia

Suku Tidung merupakan masyarakat yang dinamis, mereka berpindah-pindah dari pedalaman Kalimantan, Kabupaten Tanah Tidung hingga ke Malaysia, Malinau, mendekati pantai Nunukan, Tarakan, dan Berau.

Hal tersebut membuat mereka mendapat pengaruh dari luar, terlebih dari pelaut dan pedagang muslim. Sehingga kebanyakan dari mereka memeluk agama Islam.

Saudara Suku Dayak

Suku Tidung berpindah melalui Sungai Sesayap atau Sungai Malinau ke daerah hilir dan mendiami pesisir juga pulau-pulau kecil di Kamlimantan lainnya.

Hal tersebut diprediksi sudah dilakukan hampir 100 tahun yang lalu mereka berpindah-pindah.

Karena banyak melakukan perpindahan, maka Suku Tidung tidak mengenal legenda atau mitos kejadian asal-usul nenek moyangnya seperti masyarakat Dayak lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X