Jika Terumbu Karang di Laut Habis, Apa yang Akan Terjadi? Jawaban Soal TVRI 7 Agustus SMP

Kompas.com - 07/08/2020, 08:00 WIB
Tangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 7 Agustus 2020 dengan tema Optimisme Bumi: Samudra untuk SMP. Earth OptimismTangkapan layar Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 7 Agustus 2020 dengan tema Optimisme Bumi: Samudra untuk SMP.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah yang tayang di TVRI pada Jumat, 7 Agustus 2020 membahas materi tentang Optimisme Bumi: Samudra untuk SMP.

Ada tiga pertanyaan dalam pembahasan materi tersebut. Berikut adalah pembahasan pertanyaan ketiga.

Soal: Jika terumbu karang di laut habis, apa yang akan terjadi? Kemukakan analisismu!

Jawaban: Jika terumbu karang di laut akan mempengaruhi ekosistem laut secara keseluruhan.

Baca juga: Kelestarian Ekosistem Terumbu Karang Terancam Rusak, Ini Penyebabnya

Keberadaan terumbu karang juga memiliki fungsi sebagai penjernih air. Maka bisa terumbu karang habis ikan, seperti lumba-lumba akan hidup di air keruh dan lama-lama bisa mati.

Berbagai upaya, baik rencana jangka pendek maupun jangka panjang, telah dirancang oleh para ahli serta dilaksanakan untuk menyelamatkan ekosistem terumbu karang.

Pemerintah Indonesia pun telah mengambil langkah-langkah penting dalam upaya penyelamatan ekosistem terumbu karang.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X